Ma'ruf Amin Dapat Pelatihan Terkait Hal Ini Sebelum Debat Capres Perdana
Nasional

Ma'ruf juga disebut akan menyelipkan perspektif keagamaan dalam memandang isu hukum, HAM, korupsi dan terorisme yang menjadi tema debat.

WowKeren - Debat perdana antara pasangan capres-cawapres akan digelar Komisi Pemilihan Umum pada Kamis (17/1). Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presiden nomor urut 01 dikabarkan mendapat pelatihan khusus untuk menghadapi debat tersebut.

Arsul Sani Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, memaparkan latihan untuk Ma'ruf Amin berupa manajemen waktu bicara saat debat. Hal tersebut dilakukan akan ia dapat menyampaikan pesan secara efektif.

"Buat Pak Kiai Ma'ruf, maka time keeping, time managemen," ujar Arsul seperti dikutip dari CNNIndonesia. "Itu waktunya pendek tapi key point-nya bisa tersampaikan. Ini kan tidak gampang."

Arsul juga mengatakan bahwa Ma'ruf sangat siap untuk berbicara di depan publik dalam debat tersebut. Pasalnya, ia telah terbiasa dengan kegiatan halaqah atau perdebatan pendapat tentang kitab kuning kultur NU.

"Yang menjadi perhatian adalah soal time keeping-nya itu," jelas Arsul. "Karena kan harus menjawab dalam jangka waktu sangat terbatas tapi pesannya tersampaikan."


Sementara untuk Joko Widodo, Arsul mengatakan tidak ada pelatihan khusus untuk menghadapi debat lantaran telah berpengalaman. Jokowi juga disebut meminta saran pada ketua umum partai koalisi terkait materi yang akan disampaikan.

"Para ketum partai memberikan pengayaan-pengayaan," katanya. "Itu ada, tapi tidak sampai diksinya ini, jangan pakai ini, enggak itu juga."

Ma'ruf juga disebut akan menyelipkan perspektif keagamaan dalam memandang isu hukum, HAM, korupsi dan terorisme yang menjadi tema debat. Hal itu diperlukan untuk menjawab berbagai tudingan bahwa pemerintahan anti-Islam dan tidak peduli kepentingan umat.

Debat perdana Pemilu 2019 akan dimoderatori oleh Ira Koesno dan Imam Proyono. Debat tersebut akan berisi enak segmen untuk membahas tema "Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme". Pada segmen pertama, pasangan capres-cawapres akan menyampaikan visi-misi berdurasi 23 menit 15 detik.

Selanjutnya, terdapat dua segmen pendalaman visi misi masing-masing berdurasi 15 menit 30 detik. Setelah dua segmen saling bertanya, debat akan ditutup di segmen enam yang berdurasi 13 menit.

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel