Kebakaran Hanguskan 250 Rumah di Tomang Jakarta Barat, Ribuan Warga Jadi Pengungsi
Twitter/Sarjanalar
Nasional

Kebakaran terjadi di wilayah permukiman padat di Jalan Tomang Utara, Jakarta Barat, Senin (21/1), dini hari.

WowKeren - Kebakaran terjadi di Jalan Tomang Utara, Jakarta Barat, Senin (21/1), sekitar pukul 02.59 WIB. Insiden tersebut diduga dipicu oleh jilatan api kompor salah satu warga yang saat itu sedang memasak.

Beberapa warganet pun sempat mengabadikan kobaran api tersebut ke media sosial. Salah satunya adalah akun Twitter @Rachmatchamat4.

Peristiwa tersebut menghanguskan sekitar 250 unit rumah. Pasalnya, wilayah tersebut merupakan permukiman padat.

"Kurang lebih 250 rumah terbakar," terang Kepala Seksi Operasi Kebakaran Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat, Rompis Ramlih, Senin. "Rumahnya kecil-kecil, permukiman padat."

Api baru bisa dipadamkan setelah ditangani petugas pemadam kebakaran selama empat jam. Tiga RW pun terkena dampak jilatan api dalam peristiwa tersebut.


"RW 11, RW 14 dan RW 15. Kalau di RW 11 ada 20 rumah, di RW 14 terdampak 200 rumah dan RW 15 ada 30 rumah," terang Rompis. "Jadi total sekitar 250 rumah."

Rumah yang diduga merupakan asal titik api berada di RW 15 RT 02. Kompor seorang warga yang memiliki usaha dagang diduga menjadi penyebabnya.

"Ibu Tum yang sedang memasak karena usaha dagang," tutur Rompis. "Mungkin selang kompornya bocor."

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, sebanyak 1.190 warga terpaksa mengungsi karena tempat tinggal mereka hangus terbakar.

"Total KK dan korban yang terdampak sebanyak, 289 KK, dan 1.190 jiwa," tutur Rompis. Posko pengungsian sendiri telah disediakan.

Kasi Pemerintahan Kelurahan Tomang, Zaenal Fanani menjelaskan bahwa posko pengungsian dibagi berdasarkan RW.

"Posko pengungsian RW 11 di Masjid Jami An-Nur," terang Zaenal. "Di RW 15 ada di Musala Al-Mu'minin dan RW 14 ada di lapangan Badminton RT 06."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru