Disebut Sebar Hoaks Terkait Jokowi Canangkan Tol Cigatas, Ridwan Kamil Akhirnya Buka Suara
Nasional

Ridwan Kamil dituding sesama politisi mengatakan kebohongan.

WowKeren - Pada Sabtu (19/1) lalu, Ridwan Kamil mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo mengumumkan pencanangan Tol Cigatas di Cibatu, Garut. Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Barat tersebut melalui akun Twitter pribadinya.

"MACET BANDUNG-GARUT dan BANDUNG-TASIKMALAYA akan diselesaikan melalui proyek Jalan Tol CIGATAS (Cileunyi-Garut-Tasik), yg pencanangannya diumumkan Presiden Jokowi kemarin di Cibatu Garut," tulis Gubernur yang akrab disapa Emil tersebut. "Hadiah utk warga Garut & Tasikmalaya. Pelaksanaannya Insya Allah tahun 2019 ini. #JabarJuara."

Menanggapi cuitan itu, Diky Chandra, mantan Wakil Bupati Garut menyebut tol tersebut sudah direncanakan saat dirinya menjabat pada tahun 2009-2011 di era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono sebagai presiden. "Proyek ini sudah lama direncanakan sejak saya masih menjabat di era pa @SBYudhoyono gub @aheryawan kepala bapedaprovnya prof deni. Saat senang dan meminta agar mengantisipasi sektor ekonomi limbangan kersamanah yg nantinya tidak lagi jadi jalur lintas.sip," kata Diky.


Rupanya, balasan Diky menjadi perdebatan di media sosial. Bahkan muncul meme yang menyatakan bahwa Emil menyebarkan hoaks. Salah satu yang mengunggah meme tersebut adalah Ferdinand Hutahaen, politikus Partai Demokrat.

Cuitan tersebut kemudian ditanggapi oleh Emil pada Senin (21/1) ini. Ia menjelaskan bahwa tol tersebut sudah direncanakan ketika mulai feasibility study (FS). FS Tol Citagas baru dimulai pada 2016 saat Jokowi menjabat sebagai presiden.

"Definisi perencanaan itu sejak dimulainya kajian feasibility study (FS). FS tol cigatas baru dimulai di 2016," tulis Emil. "Jika belum FS itu namanya 'niat baik'. Terima Kasih."

Merasa tak cukup klarifikasi di Twitter, Emil juga mengunggah hal erupa di akun Instagramnya. "Lagian saya menulis kata 'pencanangan' yang artinya pembangunannya siap dimulai. Hatur Nuhun," jelasnya.

(wk/nris)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru