Maskapai VietJet Air Buka Rute ke Indonesia, Menhub Tolak Pramugari Berbikini
VietJet
Nasional

VietJet Air terkenal dengan seragam pramugarinya yang unik, salah satunya adalah bikini di beberapa rute penerbangan di Vietnam.

WowKeren - Maskapai penerbangan asal Vitenam, VietJet Air, akan membuka rute baru ke Indonesia mulai Maret 2019 mendatang. Maskapai berbiaya murah atau Low Cost Carrier (LCC) ini sempat membuat heboh lantaran ada pramugari yang mengenakan bikini di beberapa rute penerbangan.

Menurut Managing Director VietJet Air, Do Xuan Quang, penerbangan akan dimulai dengan rute Ho Chi Minh - Denpasar dengan durasi 3,5 jam. Selanjutnya, rute Ho Chi Minh - Jakarta akan dibuka mulai akhir 2019.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, pun telah memberi sejumlah persyaratan agar maskapai menyesuaikan dengan budaya Indonesia. Salah satunya adalah dengan tidak memperbolehkan pramugari mengenakan bikini saat bertugas.

"Saya syaratin untuk tidak (pakai bikini) ya," ujar Menteri Budi di kantornya di Jakarta, Senin (21/1). "Enggak patut lah di Indonesia."


Hal ini telah dikonfirmasi oleh pihak VietJet Air. Seragam pramugari VietJet akan disesuaikan dengan nilai dan norma yang berlaku di Indonesia.

"Terkait dengan banyaknya sorotan media mengenai pakaian bikini VietJet, kami ingin menegaskan kembali bahwa seragam VietJet sejalan dengan rasa hormat dan kesopanan yang tinggi," tulis Nguyen dalam suratnya yang tertanggal 24 Agustus 2017. "Khususnya bagi pasar Muslim, seperti Indonesia dan Malaysia."

Tak hanya masalah seragam pramugari, VietJet Air juga melakukan penyesuaian tentang makanan yang disajikan. Untuk menghormati prinsip warga Indonesia yang mayoritas beragama Islam, VietJet akan menyajikan hidangan halal dalam penerbangan Jakarta - Ho Chi Minh. Sebelumnya, praktik ini telah diberlakukan dalam rute penerbangan Kuala Lumpur - Ho Chi Minh.

Hadirnya maskapai ini di Indonesia diharapkan dapat memperkuat konektivitas udara ke Tanah Air. Pasalnya, VietJet Air sudah membuka rute di 35 kota di Tiongkok yang berangkat dari Vietnam. Wisatawan yang sudah ke Vietnam pun diharap dapat mengalir ke Indonesia.

"Bisa jadi wisatawan Tiongkok yang sudah ke Vietnam ini dialirkan ke Indonesia," tutur Menteri Pariwisata, Arief Yahya. "Vietnam menjadi tourism hub untuk pasar Tiongkok dan Korea Selatan."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru