Canangkan Program 'Santri Surya', Sandiaga Uno Manfaatkan Energi Matahari Untuk Swasembada Listrik
Instagram/sandiuno
Nasional

Menurut Sandi, diperlukan pengembangan energi baru guna memenuhi kebutuhan energi di Indonesia dengan memanfaatkan sinar matahari.

WowKeren - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02, Sandiaga Uno, menyatakan salah satu programnya bernama "Santri Surya". Program tersebut adalah swasembada energi dengan memanfaatkan energi matahari menjadi listrik dan menjadikan pondok pesantren sebagai proyek percontohan.

Menurut Sandi, ke depannya, diperlukan pengembangan energi baru guna memenuhi kebutuhan energi di Indonesia. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan energi surya.

"Pesantren, saya kira sangat membutuhkan," tutur Sandi usai menghadiri penutupan Pekan Ngaji IV di Pondok Pesantren Mambaul Ulum, Bata-bata, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Minggu (20/1), "Tinggal nanti menyediakan satu atau dua ruangan saja untuk mengkonversi energi panas matahari, menjadi energi listrik."

Sandi juga menuturkan keinginannya untuk menguatkan potensi ekonomi di Madura lewat pemanfaatan energi surya ini. Oleh karena itu, para santri di Madura akan dididik menjadi teknisi tenaga surya.


"Sudah empat kali saya ke Madura selama sosialisasi. Setiap ke sini, matahari selalu bersinar terang. Ini bisa dimanfaatkan untuk menciptakan swasembada energi," terang Sandi. "Pemanfaatan energi ini diserahkan kepada pesantren-pesantren yang ada di Madura. Para santri akan dididik menjadi teknisi tenaga surya, yang kita sebut santri surya."

Dengan diadakannya program ini, pesantren diharapkan bisa mengefisiensi penggunaan PLN. Mereka tidak perlu khawatir dalam memenuhi kebutuhan listrik dan kelebihannya bisa disebar untuk masyarakat lain.

"Jadi malam menggunakan PLN, siang menyimpan listrik," ujar Sandi. "Jika sudah terpenuhi enerji di pesantren, kelebihan tenaganya akan diberikan kepada masyarakat sekitar, ini esensi Islam Rahmatan Lil Alamin, Islam yang memberikan berkah pada semesta alam."

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini juga menyatakan bahwa santri harus menjadi agen prubahan yang bisa membawa maju perekonomian Indonesia. Santri yang melek usaha juga harus bisa menciptakan lapangan kerja dan bukan hanya mencari kerja.

Tak hanya energi, Sandi juga menjelaskan bahwa swasembada lain yang perlu diperhatikan adalah pangan dan daging. Ia berharap, pesantren mandiri dari sisi kebutuhan energi, pangan, dan daging, dapat terwujud dalam Pekan Ngaji V nanti.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru