1.200 Warga Jadi Korban Kebakaran Tomang, Anies Baswedan Sediakan Hunian dan Kebutuhan Dasar
Nasional

Kebakaran yang terjadi di Tomang, Jakarta Barat, membuat setidaknya 1.200 orang tidak memiliki hunian dan harus mengungsi.

WowKeren - Kebakaran di wilayah permukiman padat di Tomang, Jakarta, Senin (21/1) kemarin mengakibatkan hangusnya ratusan rumah dan sekitar 1.200 warga mengungsi. Menanggapi hal ini, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyebut bahwa Pemprov DKI telah menyediakan hunian bagi para korban.

"Setiap ada kejadian yang datang pertama petugas kebakaran, kesehatan, pengamanan, dan bersama langsung datang Dinsos (dinas sosial) untuk menyiapkan rumah tinggal sementara,” tutur Anies di kawasan Jakarta Timur, Selasa (22/1). "Sekaligus juga makan, kebutuhan sehari-hari, dan kebutuhan sekolah."

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut mengaku telah memerintahkan jajarannya untuk memeriksa dampak kebakaran tersebut. Hal tersebut dilakukan agar kebutuhan dasar seperti air bersih dan MCK (mandi, cuci, kakus) bisa dipenuhi.

"Berbagai fasilitas yang dibutuhkan warga seperti air bersih dan MCK," terang Anies. "Kemarin sempat ada jeda fasilitas MCK belum masuk tapi langsung sore saya telepon Dinas LH mereka menyatakan bahwa dalam perjalanan karena alhamdulillah sudah dipersiapkan.”


Meski sempat tertunda, namun kebutuhan yang menyangkut air bagi para korban kebekaran Tomang telah diatasi oleh Pemprov DKI. "Jadi semua yang menjadi kebutuhan, Insyaallah akan dibereskan terutama yang menyangkut air,” ujar Anies.

Tak hanya memenuhi kebutuhan mendasar saja, Anies kini tengah memikirkan langkah jangka panjang yang perlu diambil untuk para korban. Ia menuturkan akan segera meninjau lokasi kebakaran, namun masih belum ditentukan kapan waktu pastinya.

"Kemudian makanan, tempat tinggal," ujar Anies. "Sementara sambil recovery jangka panjang kita pikirkan."

Pemprov DKI juga menyediakan dapur umum bagi pengungsi. Ditemui dalam kesempatan terpisah, Anies mengaku bahwa respon yang diberikan oleh Pemprov DKI memang merupakan aktivitas rutin tiap kali masyarakat Kota Jakarta tertimpa musibah kebakaran.

"Jadi, itu sudah menjadi rutin kita kerjakan," jelas Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (21/1). "Semua respons cepat yang terkait dengan kebakaran dan implikasinya itu berjalan, termasuk juga tadi pagi."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait