Banjir Bandang Gowa Tewaskan 6 Orang, Begini Detik-Detik Menegangkan Basarnas Evakuasi Warga
Instagram/daenginfo
Nasional

Banjir bandang yang terjadi di Gowa putuskan 4 jembatan, Gubernur Sulawesi Selatan minta warga waspada hoaks.

WowKeren - Peristiwa banjir bandang terjadi di kawasan Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Beberapa daerah lain seperti sebagian Kota Makassar dan Kabupaten Gowa juga ikut terdampak. Akibat kejadian ini dilaporkan sebanyak 6 orang meninggal dunia dan juga empat jembatan putus.

Banjir ini terjadi saat Bendungan Bili-Bili di Kabupaten Gowa tak sanggup lagi menampung debit air yang meningkat. Diketahui, debit air meningkat drastis hingga 101,39 meter lantaran intensitas hujan yang tinggi.


Akibatnya, pintu air terpaksa dibuka untuk menghindari jebolnya bendungan terbesar di Sulawesi Selatan itu. Setelah pintu air dibuka, volume air di Sungai Jeneberang meningkat drastis. Arus yang deras dan meluap masuk ke dalam permukiman warga.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ihsan menjelaskan bahwa bendungan bisa jebol saat kapasitas air mencapai lebih dari 103 sentimeter. Sayangnya, dengan dibukanya pintu air tersebut, banjir bandang tak bisa dihindari. Sejumlah wilayah di Kabupaten Gowa juga dikabarkan longsor.

"Ada empat jembatan (yang terputus), salah satunya di Bongaya," terang Adnan seperti dilansir Viva pada Rabu (23/1). "Ada jalan lain bisa ditempuh meski agak jauh. Kita harus memutar. Dari laporan yang kami terima ada enam orang korban jiwa yang dinyatakan meninggal dunia."

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan dalam akun Instagram pribadinya, membagikan video detik-detik evakuasi warga oleh Basarnas. Dalam video tersebut terlihat kengerian banjir yang hampir menenggelamkan rumah warga.

Evakuasi yang dilangsungkan di Perumahan Nusa Mappala Gowa pada Selasa (22/1) tersebut juga menunjukkan beberapa warga yang sudah terjebak dalam rumah mereka. Ada pula yang terlihat sangat lega karena akhirnya bisa turut dievakuasi oleh Basarnas.

Di sisi lain, warganet turut bersimpati atas terjadinya bencana ini. Dalam media sosial Twitter, tagar-tagar khusus seperti #PrayForGowa dan topik mengenai Sulawesi Selatan berhasil masuk dalam jajaran trending topic.

You can share this post!

Related Posts
Loading...