Jangan Mendongak! Ini Hal yang Harus Kalian Lakukan untuk Menghentikan Mimisan
Health

Mimisan memang hanya gangguan kecil, namun penanganannya harus benar. Masih banyak orang yang salah melakukan pertolongan pertama pada pasien mimisan

WowKeren - Sebagian orang pasti pernah mengalami mimisan, pendarahan dari hidung. Biasanya yang mengalami hal ini adalah anak kecil. Namun, tidak berarti orang dewasa terhindar dari mimisan, ya.

Penyebab mimisan sendiri adalah udara yang kering. Hal ini terjadi ketika iklim dingin, saat banyak infeksi saluran pernapasan atas dan suhu serta kelembapan turun secara drastis. Ketika iklim panas pun gangguan ini bisa terjadi lantaran lapisan hidung yang kering hingga retak dan berdarah. Selain itu, mimisan juga dapat disebabkan karena penderita mengalami cedera pada hidung.


Mimisan memang hanya gangguan kecil, namun penanganannya harus benar. Masih banyak orang yang salah melakukan pertolongan pertama pada pasien mimisan. Nah, hal ini yang menyebabkan mimisan menjadi berbahaya.

Maka dari itu, yuk ketahui apa saja yang harus kita lakukan saat terjadi mimisan. Simak di bawah ini.

(wk/nris)

1. Atur Posisi Tubuh, Duduk Tegak Lalu Tekuk Kepala ke Depan


Atur Posisi Tubuh, Duduk Tegak Lalu Tekuk Kepala ke Depan

Saat terjadi mimisan, biasanya orang-orang akan menyarankan kalian untuk mendongak. Padahal, hal tersebut tidak baik dilakukan. Untuk menghentikan mimisan kalian perlu menenangkan diri dan mengatur posisi tubuh. Duduk yang tegak kemudian arahkan tubuh sedikit ke depan atau menunduk.

Jangan lupa siapkan handuk atau wadah untuk menampung darah yang keluar. Dengan melakukan hal tersebut, darah yang keluar dari hidung tidak masuk ke saluran pernapasan. Bayangkan jika kalian melakukannya dengan berbaring. Entah apa yang akan terjadi selanjutnya.

2. Tekan Cuping Hidung


Tekan Cuping Hidung

Langkah selanjutnya adalah menekan cuping hidung dengan jari telunjuk dan ibu jari. Hal tersebut dilakukan sehingga lubang hidung seluruhnya tertutup. Menekan hidung pada cuping akan memberikan tekanan pada pembuluh darah yang rusak secara langsung sehingga lebih efektif membantu menghentikan aliran darah.

Lakukan hal ini selama sekitar 10 menit. Jika hidung masih mengeluarkan darah setelah dilepas, tekan lagi cuping hidung selama 10 menit. Sementara kalian menekan hidung, bernapaslah melalui mulut.

3. Dinginkan Tubuh dengan Mengonsumsi Es Batu atau Kompres Hidung


Dinginkan Tubuh dengan Mengonsumsi Es Batu atau Kompres Hidung

Salah satu cara untuk segera menghentikan aliran darah dari hidung adalah menurunkan suhu tubuh. Kalian dapat memasukkan es batu ke dalam mulut. Hal tersebut akan membuat suhu tubuh akan turun dibandingkan dengan mendinginkan bagian luar hidung. Memakan es batu juga dapat mempertahankan suhu dingin lebih lama.

Selain itu, kalian bisa mengompres hidung dengan handuk dingin atau es batu. Cara ini memang tidak terlalu efektif, namun bisa dijadikan opsi bagi kalian yang mengalami masalah gigi seperti nyilu saat mengonsumsi es.

4. Jangan Bersin dan Mengorek Hidung


Jangan Bersin dan Mengorek Hidung

Nah, jika darah masih mengalir, kalian tidak boleh sengaja bersih atau mengorek hidung untuk mengeluarkannya. Perlu kalian tahu bahwa hal tersebut malah akan membuat mimisan sulit berhenti dan merangsang darah yang mulai mengering untuk kembali mengalir. Jadi, sebaiknya bersabar dan tetap melakukan tips-tips sebelumnya.

5. Gunakan Cuka untuk Menghentikan Darah Mimisan


Gunakan Cuka untuk Menghentikan Darah Mimisan

Cara lainnya untuk menghentikan aliran darah adalah dengan cuka. Ambil kapas atau biola kapas kemudian celupkan pada cuka. Letakkan pada hidung yang mengalami pendarahan. Diamkan selama beberapa menit hingga pendarahan berhenti.

Selain itu, kalian juga dapat menggunakan garam untuk menghilangkan iritasi yang menyebabkan mimisan. Caranya mudah, campurkan satu sendok teh garam dengan satu cangkir air hangat, kemudian basuhkan ke hidung.

6. Daun Sirih untuk Hentikan Darah Mimisan


Daun Sirih untuk Hentikan Darah Mimisan

Daun sirih merupakan salah satu tanaman yang digunakan sejak dulu untuk mengobati mimisan. Beberapa penelitian membuktikan bahwa daun sirih memiliki banyak manfaat dalam pengobatan seperti anti-inflamasi, antioksidan, antibakteri, antidiabetik dan masih banyak lagi. Daun sirih juga mempunyai kandungan zat tanin dan flavaloid yang membantu dalam menutup pembuluh darah.

Manfaat tersebut yang membuat daun sirih dapat menghentikan darah mimisan. Minyak atsiri yang mengandung bethapenol berupa chavibetol dan chavicol berfungsi sebagai pembunuh kuman, antioksidasi dan anti jamur sehingga mencegah adanya infeksi.

7. Bersihkan Darah Beku di Hidung


Bersihkan Darah Beku di Hidung

Ketika kalian berusaha mengusahakan agar mimisan berhenti dengan cara menekan hidung, hal yang tidak dapat dihindari adalah darah menjadi beku. Darah tersebut akan mengering dan hidung menjadi terasa kurang nyaman.

Hindari mengorek hidung dengan jari karena dapat melukai lapisan hidung. Sebaiknya, kalian menggunakan semprot hidung supaya darah tersebut tidak terlalu kering dan mudah dikeluarkan. Kalian juga harus berhati-hati dalam melakukannya, ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru