Disindir Kubu Prabowo Karena Datang Dari Jakarta, Herman Tukang Cukur Jokowi: Saya Asli Garut
Twitter/jokowi
Nasional

Jokowi sempat disindir karena membawa tukang cukurnya sendiri dari Jakarta ke Garut, Herman pun buka suara.

WowKeren - Presiden Indonesia Joko Widodo sempat melakukan kunjungan kerja ke Garut, Jawa Barat, pada 19 Januari 2019. Di sana, Presiden Jokowi menghadiri agenda peletakan batu pertama perumahan untuk Persaudaraan Pencukur Rambut Garut (PPRG).

Namun, Jokowi sempat disindir oleh kubu oposisi karena membawa tukang cukurnya sendiri dari Jakarta. Tukang cukur langganan Jokowi tersebut bernama Herman dan sudah biasa memotong rambut sang Presiden selama enam tahun.


Beberapa sindiran tersebut datang dari perwakilan Partai Demokrat. Mulai dari Dahnil Anzar hingga Fadli Zon. Dahnil bahkan mengandaikan bahwa Jokowi yang membawa tukang cukurnya sendiri dari Jakarta seperti membangun pabrik di Sulawesi, namun membawa buruh dari luar negeri.

Menanggapi hal tersebut, Herman pun mengaku bahwa dirinya memang berasal dari Garut. "Saya asli Garut," ujar Herman di tempat kerjanya, Shortcut Barberia, Rabu (23/1).

Herman pun menjelaskan bahwa dirinya berasal dari Desa Bagendit, Bantar Jati, Kecamatan Banyuresmi, Garut. Profesi orangtuanya sebagai tukang cukur di Garut pun membuatnya membuka usaha pangkas rambut sendiri di Jakarta.

"Ngikut orangtua," jelas Herman. "Belajarnya otodidak, secara turun-temurun gitu."

Ia mengaku sudah menjadi tukang cukur Jokowi kala ia masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Hingga menjadi Presiden, Herman masih sering dipanggil untuk memangkas rambut Jokowi.

Pria kelahiran Garut tersebut bersyukur dirinya mendapat kepercayaan dari sang Presiden. Ia menilai bahwa Jokowi sudah cocok dengan hasil cukurannya sehingga tak mau mengganti orang.

"Sudah nyaman kan kalau potong rambut enggak sembarang orang, kayak masnya ini sudah cocok, coba, mau nyari siapa, gitu aja," terang Herman. "Kalau ganti orang kan risikonya, beda tangan. Mungkin yang sudah tahulah, enggak usah nanya-nanya lagi, langsung saja."

Momen Herman memangkas rambut Jokowi di Garut dianggap beberapa orang sebagai pencitraan. Namun, menurutnya, momen tersebut bisa menjadi inspirasi tukang cukur asli Garut agar bisa sukses.

"Ya itu tergantung penilaian orang sajalah, ya mungkin bapak mengajak saya ya itu menginspirasi buat orang-orang sana aja, orang-orang Garut," jelas Herman. "Bahwa ada yang dari Garut berhasil datang ke Jakarta."

You can share this post!

Related Posts