100 Ribu Formasi Lowongan CPNS Dibuka Juni 2019 untuk Tingkat Nasional
Nasional

Lowongan tersebut akan berfokus pada tenaga pendidikan dan kesehatan lantaran kebutuhan yang meningkat.

WowKeren - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin mengatakan bahwa pemerintah telah menyiapkan 100 ribu formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Lowongan tersebut akan dibuka pada Juni 2019 mendatang.

Lowongan CPNS dengan kuota yang sama juga akan dibuka pada Maret 2019 mendatang. Penerimaan CPNS dilakukan sebagai peralihan dari rencana rekrutmen yang tertunda di 2018. Namun, lowongan pada Maret akan ditujukan untuk masyarakat di daerah tertentu, seperti Sulawesi Tenggara, Papua dan Papua Barat.


Sedangkan, lowongan CPNS yang dibuka juni sifatnya nasional. Lowongan tersebut akan berfokus pada tenaga pendidikan dan kesehatan lantaran kebutuhan yang meningkat. Setidaknya, pemerintah membutuhkan 150 ribu formasi untuk kedua sektor tersebut.

"Tapi fokusnya tetap kepada tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan," kata Syafruddin. "Catatan Kemendikbud masih ada kekurangan guru sekitar 91 ribu."

Syafruddin menjelaskan, pemerintah membutuhkan tenaga pendidikan dan kesehatan yang besar lantaran akan fokus mendongkrak kualitas sumber daya manusia dengan memantapkan pelayanan di kedua sektor. Selain itu, jumlah pensiunan tenaga di kedua bidang tersebut juga meningkat.

Pemerintah juga tidak ingin menurunkan angka pegawai honorer. "Jadi kami harus kejar dan jaga keseimbangan supaya jangan lagi rekrutmen honorer terlalu banyak," lanjutnya.

Sebelumnya, Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan menjelaskan bahwa lowongan CPNS masih belum akan dibuka kembali sejak terakhir kali. Ridwan menjelaskan beberapa agenda terkait penerimaan pegawai memang akan dilakukan di tahun 2019 ini. Namun, belum ada rencana mengenai pembukaan kembali lowongan CPNS.

You can share this post!

Related Posts