Hanya 5 Bulan Menjabat Kabareskrim Polri, Komjen Arief: Saya Jadi Tahu Apa Yang Terjadi
Nasional

Kapolri Tito Karnavian merotasi beberapa perwira tingginya yang menduduki jabatan strategis di tubuh Polri.

WowKeren - Komjen Arief Sulistyanto resmi meninggalkan jabatan Kepala Badan Reserse Kriminal Kepolisian Republik Indonesia (Kabareskrim Polri). Ia dimutasi setelah hanya lima bulan menduduki jabatan tersebut.

Kini, Komjen Arief menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri. Meski menjabat sebagai Kabareskrim dalam waktu yang sangat singkat, Komjen Arief bersyukur dirinya telah dipercaya dan melakukan pembenahan.


"Alhamdullilah, saya mendapat kesempatan menjadi Kabareskrim. Walapun hanya 5 bulan 5 hari, setidaknya saya tahu apa yang terjadi dan bagaimana membenahinya," tutur Arief di Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (24/1). "Terutama aspek leadership, manajeman penyidikan, dan terutama integritas para penyidik."

Komjen Arief bahkan mengibaratkan dirinya sebagai seorang pengembara. Ia mengaku sudah paham apa yang harus dilakukan.

"Ibarat pengembara, saya hanya mampir sebentar menengok kondisi rumah lama saya," terang Komjen Arief. "Saya sudah paham apa yang harus dilakukan dan sudah saya siapkan program pembenahannya."

Komjen Arief juga mengungkapkan bahwa jabatan barunya sangat menentukan kualitas seorang polisi. Pasalnya, kulaitas seorang polisi tentu sangat dipengaruhi oleh pendidikan yang didapatnya.

"Saat ini saya harus bekerja dari hulu, membentuk sumber daya manusia Polri yang siap pakai," kelas Komjen Arief. "Untuk menanamkan dan menebarkan integritas personel Polri melalui program pendidikan yang bisa menghasilkan sosok anggota Polri yang berintegritas moral, profesional yang unggul dan kompetitif."

Kalemdiklat yang baru ini memang dikenal sebagai petinggi Polri yang memiliki integritas tinggi. Sebelum menjadi Kabareskrim, Komjen Arief duduk sebagai Asisten Kapolri bidang SDM.

Kapolri Tito Karnavian memang merotasi beberapa perwira tingginya yang menduduki jabatan strategis di tubuh Polri. Jabatan Kabareskrim sendiri kini telah diisi oleh Irjen Idham Azis yang dulunya menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya.

Keputusan mutasi jabatan ini tertuang dalam surat telegram dengan nomor ST/188/I/KEP.2019 tertanggal 22 Januari 2019. Surat tersebut ditandangani oleh Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Eko Indra Heri.

You can share this post!

Related Posts