Donald Trump Tulis Ini Usai Menyerah dan Kembali Buka Pemerintahan AS
Getty Images/Aaron P. Bernstein
Dunia

Namun Donald Trump menegaskan bahwa pembukaan ini sifatnya hanya sementara.

WowKeren - Usulan legislasi Partai Republik yang didukung Presiden Donald Trump terkait pembiayaan tembok perbatasan AS-Meksiko senilai USD 5,7 miliar menjadi topik panas belakangan ini. Pasalnya usulan ini memunculkan perselisihan alot antara pejabat Partai Demokrat selaku mayoritas Senat di Gedung Putih.

Presiden Trump bahkan melakukan penutupan pemerintahan AS lantaran usulan biaya tersebut ditolak oleh pejabat Partai Demokrat. Penutupan pemerintahan AS ini berlangsung selama 35 hari dan menjadi penutupan pemerintahan AS terlama sepanjang sejarah. Beruntung, penutupan ini berhasil diakhiri sementara pada Jumat (25/1) waktu setempat.


Presiden Trump akhirnya mencapai kesepakatan bersama Partai Demokrat untuk menandatangani perjanjian berakhirnya penutupan pemerintahan AS ini. Dilansir BBC, Presiden Trump mengatakan bahwa pembukaan pemerintahan AS ini hanya berlaku sementara sampai 15 Februari mendatang.

"Kami benar-benar tidak punya pilihan selain membangun tembok atau penghalang baja yang kuat," kata Presiden Trump seperti dilansir BBC, Sabtu (26/1). "Jika kita tidak mendapatkan kesepakatan yang adil dari kongres, pemerintahan akan kembali ditutup pada 15 Februari. Atau aku akan menggunakan kekuatan yang diberikan kepadaku di bawah hukum dan konstitusi Amerika Serikat untuk mengatasi keadaan darurat ini."

Sementara itu, Presiden Trump langsung menuliskan sebuah cuitan di Twitter usai menandatangani kesepakatan soal pembukaan pemerintahan AS ini. "Saya berharap orang membaca atau mendengarkan kata-kata saya di Tembok Perbatasan. Ini sama sekali bukan konsesi. Itu merawat jutaan orang yang terluka parah oleh Shutdown dengan pemahaman bahwa dalam 21 hari, jika tidak ada kesepakatan, itu bukan urusan ras!" tulisnya.

Sebelumnya, Senat Amerika Serikat dari Partai Republik dan Partai Demokrat telah melakukan pemungutan suara untuk menggagalkan penutupan pemerintahan yang dilakukan oleh Trump. Beruntung kesepakatan tercapai dan akhirnya Presiden Trump membuka kembali pemerintahan meski masih bersifat sementara.

You can share this post!

Related Posts
Loading...