Sandiaga Uno dan Ma'ruf Amin Akan Hadiri Debat Pilpres Kedua Meski Tak Diwajibkan
Getty Images
Nasional

Tim kampanye masing-masing paslon memastikan calon Wakil Presiden mereka turut hadir dalam debat Pilres kedua mendatang.

WowKeren - Persiapan debat kedua Pilpres 2019 telah dilakukan mulai dari sekarang. Debat kedua akan dilaksanakan pada 17 Februari 2019 mendatang dengan tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, lingkungan hidup.

Berbeda dengan debat perdana, agenda kedua ini hanya akan menampilkan kedua calon Presiden, Prabowo Subianto dan Joko Widodo, tanpa didampingi oleh para wakil mereka. Meski demikian, kedua calon Wakil Presiden dipastikan akan turut hadir dalam debat kedua.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh tim kampanye masing-masing paslon. Nantinya, baik Sandiaga Uno maupun Ma'ruf Amin akan duduk di kursi tamu sebagai undangan dan bukan di atas panggung debat.

"Dalam debat head to head Pak Jokowi dan Pak Prabowo ini," tutur Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso, usai rapat persiapan debat kedua di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (25/1). "Cawapres kami, Sandiaga Salahudin Uno, hadir bersama tokoh-tokoh di sini."


Hal senada juga dituturkan oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf. Direktur TKN Jokowi-Ma'ruf, Aria Bima, menjelaskan bahwa sang Cawapres akan memenuhi undangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada debat kedua Pilpres 2019. Timnya pun akan menyiapkan protokoler dan sejumlah persiapan lain.

"Pak Ma'ruf juga akan hadir karena ada undangan," terang Aria. "Makanya saya tekankan bagaimana mengenai cawapresnya, ternyata KPU mengundang, berarti keprotokolerannya juga disiapkan, tempat duduknya disiapkan."

Sebelumnya, KPU telah menjelaskan bahwa Cawapres tak wajib hadir dalam debat kedua. Apabila Cawapres hadir, mereka datang sebagai tamu undangan dan bukan peserta debat.

"(Kehadiran cawapres) enggak diwajibkan," jelas Komisioner KPU, Ilham Saputra. "Mau enggak dateng boleh, mau dateng boleh."

KPU juga telah menunjuk dua moderator baru pada debat kedua untuk menggantikan Ira Koesno dan Imam Priyono. Kedua moderator baru tersebut adalah Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki. Meski demikian, KPU masih menunggu konfirmasi dari Tommy dan Anisha.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait