Bukan Sawit, Ini 8 Jenis Minyak yang Lebih Sehat untuk Menggoreng Makanan
Kuliner

Minyak goreng yang sehat umumnya memiliki kadar tinggi lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat) dan juga lemak tak jenuh ganda.

WowKeren - Makanan Indonesia sepertinya tidak dapat dipisahkan dari minyak goreng. Hampir semua kuliner Tanah Air menggunakan minyak untuk menggoreng bahan makanan. Namun, makanan yang digoreng sendiri berdampak buruk bagi kesehatan.

Resiko penyakit akibat gorengan dapat kalian tekan dengan menggunakan minyak goreng yang sehat. Nah, minyak kelapa sawit yang biasa kita gunakan kurang baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit kronis seperti gangguan jantung, stroke hingga kanker.


Lalu, apa saja ciri-ciri minyak yang sehat untuk menggoreng? Minyak goreng yang sehat umumnya memiliki kadar tinggi lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat), yang merupakan salah satu sumber lemak paling sehat dan bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Namun, minyak goreng sehat juga dapat mengandung lemak tak jenuh ganda yang tergolong sehat dan dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Nah, berikut terdapat 8 rekomendasi minyak yang lebih sehat dari minyak kepala sawit yang bisa kalian gunakan untuk menggoreng makanan. Simak di bawah ini, yuk.

(wk/nris)

1. Minyak Zaitun Sering Digunakan saat Diet


Minyak Zaitun Sering Digunakan saat Diet

Banyak orang yang tengah menjalani diet menggunakan minyak zaitun untuk menggoreng makanan. Minyak dari buah zaitun ini tinggi akan lemak tak jenuh tunggal sekitar 78%. Minyak zaitun juga kaya akan antioksidan yang disebut polifenol yang berkaitan dengan kesehatan jantung.

Minyak zaitun kerap digunakan untuk menggoreng atau menumis lantaran senyawa berbahaya aldehida yang diproduksi termasuk rendah dan lebih stabil saat dipanaskan. Sayangnya, minyak satu ini enggak cocok digunakan untuk menggoreng dengan teknik deep-fry alias menggoreng dengan minyak banyak.

2. Minyak Canola untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung


Minyak Canola untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung

Minyak selanjutnya adalah yang berasal dari biji tanaman Canola, yakni Minyak Canola. Minyak ini sebenarnya merupakan singkatan dari Canada Oil, negara produsen utamanya. Nah, minyak satu ini bisa jadi pilihan sehat untuk menggoreng makanan.

Minyak canola mengandung 63% lemak tak jenuh tunggal dan asam alfa-linoleat, turunan dari omega-3. Kedua senyawa tersebut sudah lama dikaitkan dengan manfaatnya untuk meningkatkan kesehatan jantung. Minyak ini terbukti rendah akan kandungan asam erusatk, asam lemak yang menyebabkan kerusakan jantung.

3. Minyak Bunga Matahari Cocok Digunakan untuk Menggoreng dan Pembuatan Kue


Minyak Bunga Matahari Cocok Digunakan untuk Menggoreng dan Pembuatan Kue

Kalian mungkin cukup asing dengan minyak bunga matahari. Minyak ini kerap digunakan sebagai pengganti minyak sayur biasa karena kandungan di dalamnya yang tetap stabil meski terkena panas.

Minyak bunga matahari juga mengandung berbagai nutrisi bermanfaat seperti asam oleat, betain dan asam phenolic yang berfungsi sebagai antioksidan. Nah, karena minyak bunga matahari yang tidak mudah bereaksi terhadap panas, minyak ini cocok digunakan untuk menggoreng, menumis dan bahan baku pembuatan kue.

4. Minyak Jagung Memiliki Kandungan yang Baik


Minyak Jagung Memiliki Kandungan yang Baik

Minyak jagung mengandung asam lemak jenuh yang lebih rendah jika dibandingkan dengan minyak kelapa sawit. Minyak jenis ini memiliki titik asap pada suhu 204 derajat celcius- 213 derajat celcius sehingga cukup tahan panas dan dapat digunakan untuk menggoreng atau pun menumis.

Selain itu, minyak jagung memiliki kandungan asam lemak esensial yang penting untuk tubuh. Sebut saja asam oleat, asam linoleat, serta asam lemak tak jenuh tunggal yang membuatnya efektif menurunkan kadar kolesterol apabila dikonsumsi secara rutin. Perlu kalian tahu bahwa asam linoleat pada minyak jagung juga bermanfaat untuk mempercepat regenerasi sel kulit mati dan meningkatkan transfer oksigen sehingga menutrisi kulit agar tampak sehat.

5. Minyak Wijen Cocok Bagi penderita Diabetes


Minyak Wijen Cocok Bagi penderita Diabetes

Minyak wijen merupakan salah satu jenis minyak yang baik untuk menggoreng karena memiliki lemak tak jenuh tunggal dan ganda masing-masing 41% dan 44%. Minyak satu ini telah terbukti mencegah diabetes dan meningkatkan plasma glukosa pada penderita diabetes hipersensitif. Minyak wijen juga terkait dengan penurunan kadar kolesterol lantaran mengandung phythosterol yang menghambat pembentukan kolesterol.

Manfaat minyak wijen tak berhenti sampai di situ. Minyak jenis ini juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mencegah lesi atherosclerotic drngan bantuan agen antioksidan dan anti-peradangan, yang disebut sebagai sesamol.

6. Gunakan Minyak Kelapa untuk Menggoreng


Gunakan Minyak Kelapa untuk Menggoreng

Minyak kelapa juga kerap digunakan sebagai pengganti minyak kelapa sawit. Minyak satu ini mengandung HDL atau kolesterol baik serta asam laurat yang tinggi untuk menurunkan resiko serangan jantung dan anti-bakteri bagi tubuh. Meski beberapa ahli tidak menyarankan minyak kelapa untuk digunakan dalam panas tinggi, minyak ini masih lebih baik daripada minyak kelapa sawit.

7. Minyak Kacang Mengandung Lemak Tak Jenuh yang Tinggi


Minyak Kacang Mengandung Lemak Tak Jenuh yang Tinggi

Dalam satu sendok minyak kacang terdapat sekitar 16 gram lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung. Minyak ini juga mengandung vitamin E dan mineral lainnya seperti zinc, selenium, magnesium dan potasium yang dapat melawan radikal bebas penyebab kanker.

Namun, minyak kacang mengeluarkan rasa pahit saat dipanaskan. Jadi, kalian bisa menggunakannya sebagai dressing salad. Rasanya akan lebih baik, kok.

8. Minyak Biji Anggur yang Lebih Sehat


Minyak Biji Anggur yang Lebih Sehat

Minyak biji anggur mengandung lemak tak jenuh tunggal sebanyak 17% dan lemak tak jenuh ganda 73%. Minyak ini memproduksi jumlah senyawa aldehida yang lebih rendah daripada mentega atau minyak hewani sama seperti minyak zaitun. Minyak biji anggur juga kaya akan asam lemak jenuh yang membuatnya lebih stabil saat dipanaskan. Kandungan tersebut tidak akan membuat minyak biji anggur mengalami oksidasi sama sekali.

Nah, buat kalian yang ingin tahu cara menggoreng agar makanan tetap sehat, simak artikel ini, ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel