Pantai Jimbaran Bali Kotor Dipenuhi Sampah Bikin Turis Asing Kecewa
Nasional

Beberapa pantai di Kabupaten Badung Bali dipenuhi oleh sampah kiriman akibat cuaca ekstrem, salah satunya adalah Pantai Jimbaran.

WowKeren - Beberapa kawasan di Pulau Bali memang dilanda oleh cuaca ekstrem beberapa pekan terakhir. Akibatnya, banyak pohon tumbang, longsor, serta sampah yang memenuhi pantai.

Dilansir kumparan, sampah-sampah kiriman telah memenuhi pantai di kawasan Kabupaten Badung sejak Minggu (27/1). Beberapa di antaranya adalah Pantai Kuta, Pantai Kedonganan, serta Pantai Jimbaran.


Melihat tumpukan sampah tersebut, para turis asing yang berkunjung ke pantai tersebut merasa kecewa. Pasalnya, Pantai Jimbaran terkenal dengan restoran yang berjejer di sepanjang pantai, tempat turis menikmati hidangan laut sembari menikmati pemandangan alam.

Salah satunya adalah turis asal Beijing, China, bernama Yuanhaiwei. Wanita tersebut mengaku sengaja mengunjungi Pantai Jimbaran karena tak ada pantai di kotanya.

Yuanhaiwei pun sudah berharap bisa menikmati pemandangan elok sambil menyantap hidangan laut bersama keluarganya. Namun sayang, ia hanya bisa melihat sampah sejauh mata memandang.

"Saya merasa pantai ini kotor sekali, tidak sesuai dengan foto-foto yang saya lihat di internet," tutur Yuanhaiwei, Selasa (29/1). "Saya ingin makan ikan bersama keponakan saya, dengan pemandangan indah, tapi ini tidak sesuai ekspektasi kami."

Hal senada juga diungkapkan salah satu pemandu tur khusus turis asal China, Virwu. Ia mengaku bahwa belakangan ini para tamunya sering mengeluhkan masalah sampah.

"Saya hanya menjelaskan sebisanya, saya bilang lagi musim hujan dan memang seperti ini banyak sampah kiriman," jelas Virwu. "Entah dari mana menumpuk di sini."

Ia pun mengaku terkadang merasa malu saat membawa turis asing ke pantai yang dipenuhi dengan sampah. Virwu bahkan hatus menghubungi kantornya agar pihak restoran membersihkan sampah-sampah tersebut.

"Ya terkadang saya malu membawa turis ke sini," tutur Virwu. "Mau tidak mau saya terpaksa telepon ke kantor saya kan, minta tolong sampah-sampahnya segera dibersihkan."

Tahun lalu, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Badung sempat menghimpun 500 ton sampah dari Pantai Kuta, sedangkan di Pantai Jimbaran dan Kedonganan tercatat 300 ton lebih. Untuk menangani sampah kiriman yang bersifat tahunan tersebut, DLHK Badung mengerahkan ratusan anggota kebersihan. Beberapa unit mesin loader serta belasan truk sampah juga diturunkan untuk mempermudah penanganan sampah kiriman tersebut.

You can share this post!

Related Posts