Penampakan Ikan Langka 'Pembawa Pesan dari Laut' Ini Buat Warga Jepang Ketakutan, Ada Apa?
Instagram
Dunia

Para ilmuwan coba menjelaskan fenomena penampakan ikan langka yang biasa hidup di dasar laut ini.

WowKeren - Warga Jepang dibuat ketakutan dengan kemunculan beberapa ekor ikan laut yang sangat langka. Mereka juga khawatir akan datangnya bencana alam usai penampakan dari ikan laut langka ini dikaitkan dengan pertanda gempa bumi dan tsunami.

Pada Jumat (1/2) kemarin, dilaporkan dua ekor oarfish tertangkap jaring di utara Perfektur Toyama. Total sudah ada 7 jenis ikan oarfish yang ditemukan selama musim ini.

Di sisi lain, seekor oarfish dengan panjang 3,2 meter ditemukan hanyut di pantai Teluk Toyama. Sementara itu. seekor lagi dengan panjang 4 meter ditemukan tersangkut jaring ikan di lepas Pelabuhan Imizu.

Ikan ini dilaporkan sulit di tangkap dan hidup di kedalaman 200 hingga 1.000 meter. Warna sisiknya keperakan dan memiliki sirip merah. Ikan ini secara tradisional dikenal dengan "Ryugu no Tsukai". Dalam bahasa Jepang, ikan ini berarti "Pembawa Pesan dari Kerajaan Dewa Laut". Hal itulah yang membuat warga merasa ketakutan. Legenda Jepang menyatakan bahwa kemunculan ikan tersebut dikaitkan dengan adanya gempa bumi bawah laut.

View this post on Instagram

#うおすいレア生物 #またまた❗️ #リュウグウノツカイ 昨日、魚津市経田の海岸でリュウグウノツカイが打ち上げられているのが発見されました❗️全長は323cm。 富山湾では今年度5例目です。 あいにく今回発見されたものは 鳥につつかれ損傷が激しかったので、解剖などを行い研究用にしました。 前回獲れたリュウグウノツカイは 2/2(土)と2/3(日)の2日間限定で展示しますよ⤴⤴ 全長394.8cm。 今回はタッチOK🙆‍♂️ 深海魚ファンは見逃せませんよね〜🙌🙌 #幻の魚 #oarfish #deepsea #nature #beautiful #魚 #珍魚 #さかな #魚津水族館公式 #魚津水族館 #水族館 #富山 #uozuaquarium #aquarium #uozuaquariumofficial #限定 #レア #魚津 #経田 #背ビレ腹ビレ美しい #花魁


A post shared by 魚津水族館 公式 (@uozuaquarium_official) on

Akan tetapi, rumor tersebut dibantah oleh para ilmuwan. "Tidak ada bukti ilmiah sama sekali mengenai teori bahwa munculnya oarfish ini karena akan ada gempa besar. Akan tetapi, kami tidak bisa 100 persen menyangkal kemungkinan," ungkap penjaga Akuarium Uozu Kazusa Saiba seperti dilansir CNN pada Sabtu (2/2).

Mitos munculnya oarfish sebagai pertanda munculnya gempa bumi dan tsunami besar menarik perhatian sejak gempa Fukushima tahun 2011 lalu. Akibat kejadian tersebut, sebanyak 20.000 orang tewas. Pada saat itu, paling tidak ada lusinan oarfish yang hanyut ke pantai Jepang pada tahun sebelum bencana.

Saiba lebih lanjut menjelaskan kemungkinan yang lebih logis untuk menjelaskan fenomena ini. Menurut penjelasan ilmiah, adanya perubahan pada kerak bumi di dasar laut menjelang gempa bumi mungkin menyebabkan arus menggerakkan dan mendorong makhluk di dasar laut muncul ke permukaan.

Di sisi lain, Direktur Akuarium Uozu, Osamu Inamura, menjelaskan bahwa kemunculan oarfish ke permukaan disebabkan karena mereka mengikuti pasokan makanan. "Ketika pasokan udang mereka naik menuju plankton pada siang hari, oarfish kadang-kadang mengikuti dan tertangkap di jaring nelayan," pungkas Inamura.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait