Naskah RUU Permusikan Diambil dari Blog Anak SMK, Anang Hermansyah Disoraki Para Musisi
WowKeren/Fernando
Musik

Sebelumnya, ada bagian dari naskah RUU Permusikan yang mengutip dari makalah di blog milik seorang siswa SMK.

WowKeren - Polemik RUU Permusikan masih belum menemui titik terang. Sejumlah musisi sudah menyatakan diri untuk menolak RUU Permusikan yang dirumuskan oleh Anang Hermansyah tersebut. Sebut saja Jerinx Superman Is Dead yang beberapa waktu lalu mengkritik pedas Anang.

Sebagai anggota Komisi X DPR RI, Anang berusaha merumuskan RUU Permusikan demi memperjuangkan hak-hak para musisi Tanah Air. Akan tetapi, niat suami Ashanty tersebut malah dinilai merugikan dan membatasi kreativitas para musisi. Pasalnya RUU Permusikan memiliki beberapa pasal "karet", yang dikhawatirkan bisa dipelintir oleh orang-orang tak bertanggung jawab.

Belum lama ini, Anang mengajak sejumlah musisi yang mendukung maupun menolak RUU Permusikan untuk bertemu sekaligus berdiskusi. Dalam acara tersebut, sempat terlihat suasana tegang saat proses tanya jawab berlangsung. Termasuk saat Rara Sekar mempertanyakan ada bagian naskah RUU Permusikan yang mengutip makalah dari blog milik seorang siswa SMK.

Rara menilai bahwa sumber dari makalah di blog milik siswa bernama Ahmad Fauzan tersebut tidak valid, saat dijadikan bahan acuan dalam merumuskan RUU Permusikan. Sebagai pihak yang menolak, kakak Isyana Sarasvati tersebut juga menanyakan alasan Anang ngotot mengusulkan RUU Permusikan.

"Tapi mas Anang sebenarnya baca enggak sih naskah akademisnya? Kenapa sih RUU ini harus dibuat? Urgensinya apa?" tanya Rara di acara Bedah RUU Permusikan yang digelar di kawasan Cilandak Town Square, Jakarta Selatan, pada Senin (4/2). "Saya berasumsi mas Anang sudah baca naskahnya ya, dasar-dasar dari pasal itu sangat tidak relevan. Masa ada landasan yang diambil dari blogspot, mengutip makalah anak SMK. Ini menyedihkan buat saya."


Anang pun mencoba memberikan penjelasan yang malah tak membahas inti dari jawaban pertanyaan Rara tersebut. Hal ini langsung membuat para musisi yang menolak RUU Permusikan menyoraki Anang. Ayah Aurel Hermansyah tersebut mengaku mendapatkan masukan dari naskah akademik yang telah disaring khusus oleh para ahli.

"Kita tidak sedang nonton konser ya (menanggapi sorakan), tadi jelas disampaikan badan ahli, beliau merumuskan juga naskah akademik itu dari data yang kita masukkan," jawab Anang. "Salah satu yang paling luar biasa adalah masukan dari konferensi musik di Ambon. Dari sana ada 12 poin. Itu bagian yang masuk sebagai sumber. Makanya teman-teman di sana merumuskan dari masukan itu."

Lebih lanjut Anang juga menegaskan bahwa RUU Permusikan masih bisa dikaji ulang, dan meminta masukan dari para musisi. "Makanya sifatnya naskah akademik itu butuh masukan, karena ini draft sementara. Jalannya masih panjang," sambung Anang.

Belum puas, para musisi kembali mendesak Anang agar menjawab dengan jelas soal kutipan yang berasal dari blog anak SMK tersebut. Mantan suami Krisdayanti tersebut pun mengaku bahwa ada beberapa hal yang ia lewatkan dari naskah RUU Permusikan.

"Baca naskah akademiknya enggak mas? Haha," ujar beberapa musisi. "Saya bilang naskah akademik udah di-share (tahun) 2017 bulan Juli. Kita bahas di situ. Kita baca. Tapi mungkin ada yang terlewat, itulah saya bilang ini hal yang masih draft yang butuh masukan dari kita semua," pungkas Anang.

(wk/evaa)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru