10 Jalur Kereta Api dengan Pemandangan Terindah di Indonesia
Travel

Siapa bilang pemandangan saat naik kereta api biasa-biasa saja?

WowKeren - Banyak pilihan transportasi yang bisa kita gunakan untuk bepergian. Selain kendaraan pribadi, di Indonesia sendiri banyak pilihan transportasi yang bisa digunakan untuk bepergian. Kamu bisa memilih menggunakan kendaran umum yang ada di darat, yakni bis dan kereta api.

Kendati demikian, seringkali kendaraan umum di darat tak banyak diprioritaskan lantaran waktu tempuh yang cenderung lama. Selain itu, pemandangan sekitar yang itu-itu saja juga banyak menjadi pertimbangan para pelancong menghindari perjalanan darat.


Eits, jangan salah sangka dulu. Transportasi umum kereta api misalnya, meski sudah punya jalur sendiri, perjalanan menggunakan kereta api ternyata juga bisa menyuguhkan pemandangan indah, lho.

Beberapa jalur kereta api di Indonesia ternyata melewati beberapa jalur khusus yang menyajikan pemandangan indah buat kamu yang menaikinya. Mulai dari persawahan, pegunungan, terowongan, hingga pemandangan laut.

Tak menyangka dengan naik kereta api bisa menyaksikan pemandangan laut? Penasaran jalur kereta apa yang bisa menjadi pilihanmu menyaksikan pemandangan alam Indonesia yang keren banget? Dilansir dari berbagai sumber, ini dia daftarnya.

(wk/silm)

1. Merasakan Suasana Nostalgia di Jalur Kereta Api Ambarawa di Semarang


 Merasakan Suasana Nostalgia di Jalur Kereta Api Ambarawa di Semarang

Ingin menyaksikan pemandangan indah sekaligus merasakan sensasi naik kereta jadul? Kereta Api Ambarawa jawabannya. Kereta Api Ambarawa ini merupakan jenis kereta wisata yang berada di Semarang. Pengoperasiannya hanya ada di hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional.

2. KA Mutiara Timur Surabaya-Banyuwangi yang Melintasi Banyak Terowongan


KA Mutiara Timur Surabaya-Banyuwangi yang Melintasi Banyak Terowongan

Kereta Api Mutiara Timur jurusan Surabaya-Banyuwangi ini akan menyajikan pemandangan berbeda untukmu. Selama perjalanan, kamu akan disuguhi pemandangan alam luar biasa. Selain itu, jalur kereta ini juga melintasi banyak terowongan panjang, di antaranya terowongan Ijo, Garahan, dan Mrawan.

3. Jembatan Progo yang Menawan Dilintasi Oleh Kereta Api Prambanan Ekspres


Jembatan Progo yang Menawan Dilintasi Oleh Kereta Api Prambanan Ekspres

Komuter ekonomi Prambanan Ekspres juga tak kalah menyajikan pemandangan indah di sepanjang jalurnya. Kereta api yang menghubungkan Kutoarjo, Yogyakarta, dan Solo Balapan ini akan melintas Jembatan Progo dan beberapa jalur indah lainnya.

4. Jalur KA Lodaya dengan Pemandangan Pegunungan yang Menghipnotis


Jalur KA Lodaya dengan Pemandangan Pegunungan yang Menghipnotis

Membawa kamu bepergian dari Bandung ke Solo, jalur kereta api Lodaya menjadi salah satu yang sangat menarik. Setelah melewati Stasiun Lebak Jero, kamu akan disuguhkan pemandangan pegunungan tanah Pasundan yang sangat meghipnotis.

5. Jalur Kereta Api Mutiara Selatan Surabaya-Bandung dengan Pemandangan Luar Biasa


Jalur Kereta Api Mutiara Selatan Surabaya-Bandung dengan Pemandangan Luar Biasa

Melayani rute Surabaya ke Bandung via Malang, kamu akan disuguhkan pemandangan luar biasa saat menaiki kereta api Mutiara Selatan. Mulai dari pemandangan pegunungan, persawahan, hingga pengalaman melewati jembatan yang mirip dengan di film "Harry Potter".

6. Berada di Dataran Tinggi, Jalur Kereta Argo Prahyangan Akan Menyegarkan Mata


Berada di Dataran Tinggi, Jalur Kereta Argo Prahyangan Akan Menyegarkan Mata

Perjalanan Jakarta-Bandung yang kamu pilih akan jadi luar biasa dengan menaiki kereta api Argo Prahyangan ini. Berada di dataran tinggi, kamu akan disuguhkan pemandangan indah di jalur menuju Bandung yang tentunya menyegarkan mata.

7. Lewat Jembatan dengan Bentangan Terpanjang di Jalur Kereta Api Taksaka dan Argolawu


Lewat Jembatan dengan Bentangan Terpanjang di Jalur Kereta Api Taksaka dan Argolawu

Jika ingin merasakan sensasi melewati jembatan kereta api dengan bentangan terpanjang, kamu bisa coba jalur kereta api Taksaka dan juga Argolawu. Kereta api Taksaka melayani rute Yogyakarta-Jakarta, sedangkan kereta api Argolawu melayani rute Solo Balapan-Jakarta.

8. Kereta Wisata Danau Singkarak Membawamu Menyaksikan Pemandangan Indah


Kereta Wisata Danau Singkarak Membawamu Menyaksikan Pemandangan Indah

Berada di jalur Danau Singkarak, Sumatera Barat, kereta wisata ini akan membawamu menyaksikan pemandangan di sekeliling danau yang menawan. Jalur perjalanan kereta ini akan ditempuh selama dua jam melewati Solok-Sawahlunto dan Batutaba saat akhir pekan saja.

9. Kereta Jurusan Porong Sajikan Pemandangan Pegunungan di Jawa Timur


Kereta Jurusan Porong Sajikan Pemandangan Pegunungan di Jawa Timur

Ingin melihat pemandangan indah dari pegunungan di Jawa Timur? Kamu bisa memilih beberapa kereta yang melewati jalur rel kereta api di Porong. Selain melihat matahari terbit dari kejauhan, kamu juga bisa merasakan segarnya melewati persawahan di sepanjang jalur ini.

10. Melihat Pemandangan Laut Jawa dari Kereta Api Argo Bromo Anggrek Pagi


Melihat Pemandangan Laut Jawa dari Kereta Api Argo Bromo Anggrek Pagi

Jalur ini menjadi salah satu jalur terindah dan terunik kereta api di Indonesia. Kamu akan bisa menyaksikan pemandangan pantai saat naik kereta Argo Bromo Anggrek Pagi. Kereta yang melayani rute Surabaya-Jakarta ini akan memanjakanmu dengan pemandangan sawah dan bahkan Laut Jawa yang terlihat jelas.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru