BAFTA 2019: Sutradara 'Bohemian Rhapsody' Didepak dari Daftar Nominasi Akibat Kasus Pelecehan
Getty Images/Frederick M. Brown
Film

Pihak BAFTA menyebut bahwa kasus pelecehan yang dilakukan sutradara Bryan Singer tidak dapat ditoleransi.

WowKeren - Kasus pelecehan seksual yang menyeret nama Bryan Singer selaku sutradara "Bohemian Rhapsody" rupanya masih berbuntut panjang. Setelah "Bohemian Rhapsody" dicoret dari daftar nominasi Film Terbaik dalam ajang GLAAD Media Awards, kini giliran nama Bryan yang dihapus dari ajang British Academy Film Awards Nomination (BAFTA) 2019.

Dilansir Variety pada Kamis (7/2), nama Bryan dicoret dari nominasi Outstanding British Film akibat kasus pelecehan seksual yang dilayangkan padanya. Sedangkan nama produser Bohemian Rhapsody, Graham King, dan penulis naskahnya, Anthony McCarten, akan tetap dicantumkan.


"Mengingat dugaan yang sangat serius baru-baru ini, BAFTA telah memberi tahu Bryan Singer bahwa pencalonannya untuk 'Bohemian Rhapsody' telah ditangguhkan," ungkap pihak BAFTA. "BAFTA menganggap dugaan perilaku itu tidak dapat diterima dan tidak sesuai dengan nilai-nilai yang ada. Hal ini telah menyebabkan pencalonan Bryan Singer ditangguhkan."

Lebih lanjut, pihak BAFTA mengklaim bahwa mereka juga akan tetap menunggu hasil penyelidikan lebih lanjut terkait kasus pelecehan ini. Namun dihapusnya nama Bryan ini tetap berlaku hingga proses penyelidikan tersebut diselesaikan. "BAFTA mencatat bantahan Bryan Singer terhadap tuduhan itu. Penangguhan pencalonannya akan tetap berlaku sampai hasil dari (penyelidikan) terhadap dugaan tersebut terselesaikan," pungkas pihak BAFTA.

Sebenarnya, Bryan Singer sendiri telah buka suara terkait tudingan pelecehan seksual yang dialamatkan padanya. Bryan menyebut bahwa tudingan tersebut sebenarnya sudah lama mencatut namanya. Bahkan ia mengaku jika majalah Esquire pernah menyiapkan artikel tentang kasus serupa, namun tak jadi diterbitkan lantaran tidak ada fakta pendukung, hingga kemudian The Atlantic yang menerbitkan artikel tersebut.

The Atlantic memang melaporkan bahwa Bryan Singer telah melecehkan sejumlah lelaki secara seksual, bahkan saat mereka masih di bawah umur. Pada 1997, sejumlah anak laki-laki mengaku telah diekspos secara seksual oleh Bryan demi kepuasan si sutradara. Ada yang mengaku diajak berhubungan intim saat usianya masih 17 tahun, ada yang disebut melakukan seks oral, bahkan ada yang dilecehkan di lokasi syuting.

Di sisi lain, sebenarnya Bryan Singer sendiri sudah dipecat dari posisinya sebagai sutradara "Bohemian Rhapsody" tepat dua pekan sebelum film biopik itu selesai produksi. Ia kemudian digantikan oleh Dexter Fletcher. Pemecatan ini terjadi lantaran kasus pelecehan yang membelit namanya tersebut.

Sementara itu, ajang BAFTA 2019 sendiri akan digelar pada 10 Februari mendatang. Salah satu ajang penghargaan bergengsi bagi insan perfilman ini akan diselenggarakan di Royal Albert Hall dengan Joanna Lumley sebagai pembawa acara.

You can share this post!

Related Posts
Loading...