Tak Terima Statusnya Jadi Bahan Bercandaan, Salmafina Ngamuk Merasa 'Dilecehkan' Sebagai Janda
Instagram/salmafinasunan
Selebriti

Salma menyayangkan sikap masyarakat yang masih memiliki pandangan negatif terhadap wanita yang berstatus janda.

WowKeren - Salmafina Khairunnisa atau Salmafina Sunan kembali menjadi sorotan warganet. Putri pengacara kondang Sunan Kalijaga ini mengaku merasa marah dengan orang-orang yang membuat status janda sebagai bahan candaan.

Salma sendiri kini telah menyandang status janda. Ia telah resmi bercerai dengan Taqy Malik di usia pernikahannya yang masih seumur jagung.


Salma pun meluapkan emosinya melalui Instagram Story miliknya. Ia mengaku heran dengan sikap orang-orang yang seolah melecehkan wanita yang berstatus janda, sedangkan pria yang berstatus duda tetap terlihat terhormat.

"Aku sadar sekarang perkembangan zaman dan pendidikan tidak membuat stigma janda itu hilang. Janda identik dengan wanita lemah, wanita yang salah, bahkan terkadang mendapat lebel 'pelakor'," tulis Salma. "Ngerasain banget perubahan saat aku mulai menyandang status janda. Selentingan negatif mulai bertebaran. Berbeda dengan pria yang terlihat tetap terhormat dengan status sebagai duda. Menjadi janda itu rentan dari segala permasalahan dan paradigma masyarakat."

Tak hanya itu, Salma juga menyayangkan jika perkembangan teknologi tidak merubah pandangan masyarakat tentang janda. Namun, justru semakin memfasilitasi omongan negatif tentang wanita yang berstatus janda.

"Orang sering menggunakan satatus janda untuk tema bercanda. Dulu ini biasa terjadi dalam pembicaraan lelaki di pertemuan langsung. Tapi dengan kemajuan teknologi perilaku negatif itupun semakin terfasilitasi," tulis Salma. "Sekarang meme, video, lirik lagu, caption, nama restoran, nama menu, dan percakapan dengan konten yang tidak sopan sampai nyinyir tentang janda sudah biasa dibagikan dan menghiasi grup wa atau akun sosial media banyak orang. Bukan bnegitu pemirsa?"

Unggahan tersebut pun sontak dibanjiri beragam komentar warganet. Sebagian besar memiliki pendapat yang sama dengan Salma. "Betul bgt, kan ga semua wanita bersalah akan status janda nya mbak. Bahkan kami yang janda untuk mimpi pun gag ingun jadi janda mbak," kata seorang netter. "Mantul, Perempuan iu rumit, g nikh ktny perawan tua, nikh g pny ank slah, gaa bhgia trus cerai slah, jd janda salah," sahut yang lain.

You can share this post!

Related Posts