Disney Terancam Alami Kerugian Hingga Rp 2 Triliun Gara-Gara 'Captain Marvel'
Marvel Studios
Film

Kerugian ini dikarenakan 'Captain Marvel' menjadi film MCU pertama yang tidak ditayangkan di Netflix.

WowKeren - Selain menjadi sajian pembuka MCU yang tayang pada tahun 2019, rupanya "Captain Marvel" juga sekaligus menjadi film Marvel Studios pertama yang tidak akan tayang di Netflix. Kabar ini dikonfirmasi langsung oleh CEO Disney, Bob Iger.

Dilansir Deadline pada Jumat (8/2), tidak tayangnya "Captain Marvel" di Netflix ini ternyata mengakibatkan pengurangan pendapatan yang cukup besar bagi Disney. Diperkirakan, rumah produksi raksasa tersebut akan mengalami kerugian hingga USD 250 juta (sekitar Rp 2,13 triliun).

Meski demikian, Bob Iger berpendapat bahwa kerugian ini akan terbayar begitu "Captain Marvel" tayang di saluran streaming milik Disney sendiri, yakni Disney Plus (Disney+). Lebih lanjut, Bob juga mengatakan bahwa keputusan ini diambil dalam sudut pandang bisnis dan semuanya dirancang untuk tujuan jangka panjang yang akan menjadi bagian penting dari masa depan Disney.

"Apa yang pada dasarnya kami coba lakukan di sini adalah berinvestasi di masa depan kami. Ini hampir setara dengan mengerahkan modal untuk membangun taman hiburan kami. Ini adalah taruhan masa depan bisnis," ungkap Bob. "Karena kami bertaruh pada bisnis jangka panjang direct-to-consumer (langsung ke konsumen) ini, kami jelas perlu mendorongnya dengan properti intelektual."


Sebenarnya, beberapa waktu lalu Disney dan Marvel Studios memang telah mengumumkan bahwa "Captain Marvel" akan menjadi film pertama MCU yang ditayangkan di saluran Disney+. Disusul oleh "Avengers: Endgame" serta "Spider-Man: Far from Home". Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa "Ant-Man and the Wasp" menjadi film terakhir MCU yang ditayangkan di Netflix.

Sebelumnya, Netflix sendiri memang dikabarkan membatalkan lebih dari separuh serial Marvel lantaran Disney memiliki layanan streaming baru. Hal ini mengakibatkan meningkatnya ketegangan antara Disney dan Marvel dengan pihak Netflix.

Seperti yang diketahui, Disney sendiri tampaknya memang berupaya untuk semakin mengembangkan bisnisnya di industri hiburan. Selain Netflix, tentunya layanan streaming Disney + ini dipastikan akan bersaing dengan saluran televisi raksasa sekelas Amazon Prime.

Terlepas dari hal tersebut, "Captain Marvel" sendiri dipastikan bakal menjadi proyek pertama MCU yang dirilis tahun ini. Mengangkat kisah dari Carol Danvers (Brie Larson), film yang diarahkan oleh Anna Boden dan Ryan Fleck ini siap menyapa penggemar pada 8 Maret mendatang.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait