Jusuf Kalla Bantah Tudingan BPN Prabowo dan Sebut Tarif Tol Jagorawi Termurah Sedunia
Instagram/jusufkalla
Nasional

Menurut Jusuf Kalla, tarif tol didasarkan pada berapa lama usia jalan tol tersebut, semakin lama semakin murah.

WowKeren - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memberikan kritik pedas terkait pembangunan jalan tol oleh pemerintah Indonesia. BPN menilai pembangunan tol Trans Jawa tidak memberikan efek positif bagi perekonomian Indonesia.

Tak hanya itu, kubu Prabowo juga mengkritik tingginya tarif tol. Mereka menyebut bahwa tarif tol Trans Jawa merupakan yang termahal di ASEAN atau Asia Tenggara.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan bantahan. Jusuf Kalla menyebut bahwa ada tarif tol yang murah, seperti tol Jagorawi yang menurutnya termurah di dunia.

"Kalau yang termurah justru (tol) ke Bogor itu, Tol Jagorawi," ujar Jusuf Kalla di Markas Pusat PMI, Jakarta Selatan, Jumat (8/2). "Itu mungkin termurah di dunia malah (karena sudah lama)."

Jusuf Kalla lantas mengaku dirinya belum mengetahui perbandingan harga tol di ASEAN. Meski demikian, ia menjelaskan bahwa tarif tol di Malaysia juga mahal.


"Saya tidak tahu perbandingannya," tutur Jusuf Kalla. "Tapi di Malaysia di sana juga mahal."

Menurut Jusuf Kalla, tarif tol didasarkan pada berapa lama usia jalan tol tersebut. Semakin lama usianya, maka semakin murah tarifnya.

Sehingga, tol Jagorawi dan tol Cipularang relatif murah karena telah lama dibangun. Sedangkan jalan tol yang baru saja dibangun relatif agak mahal.

"Tergantung kapannya (dibangun). Kalau investasinya baru, memang agak mahal," jelas Jusuf Kalla. "Tapi tidak semua mahal (tidak), ke Bandung saja murah Tol Cipularang. Yang mahal itu tol baru."

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menerapkan tarif pada enam ruas Tol Trans Jawa. Penerapan tarif tol Trans Jawa diberlakukan dengan ketentuan besaran tarif Rp 1.000 per kilometer untuk golongan I. Sedangkan untuk golongan II dan III sebesar 1,5 kali dari golongan I. Untuk golongan IV dan V sebanyak dua kali golongan I.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait