Surya Paloh Sebut Pernyataan Prabowo Soal Pemerintah Salah Sejak Orde Baru Hal Wajar
Instagram/suryapaloh.id
Nasional

Di negara yang menjunjung tinggi asas demokrasi, kritik terhadap pemerintah dianggap sebagai hal yang biasa.

WowKeren - Pernyataan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto yang mengatakan bahwa pemerintah Indonesia sudah salah sejak era Orde Baru menuai reaksi dari berbagai pihak. Bahkan, partai koalisi pendukungnya, Partai Demokrat, juga sempat menyayangkan sikap Prabowo tersebut.

Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh menganggap apa yang disampaikan Prabowo sebagai hal yang wajar. Sebab, di negara yang menjunjung asas demokrasi seperti Indonesia, kritik terhadap pemerintahan adalah hal yang biasa terjadi.


Kritik terhadap pemerintah akan semakin intens terutama saat mendekati masa-masa Pilpres seperti sekarang ini. Ada pihak yang setuju maupun tidak suka dengan pemerintahan sekarang.

"Ya biasalah, di pesta demokrasi seperti ini kan tidak ada satu tone yang sama, pikiran yang sama, pandangan yang sama," kata Surya di Kantor Bappilu Nasdem Jatim, Surabaya, Sabtu (9/2). "Ya ada pro-kontra di sana, ada saling kritik, saya menganggap itu hal lumrah saja."

Sehingga, Surya menilai bahwa apa yang dikatakan oleh Prabowo tersebut bukanlah suatu kesalahan. Apalagi mengingat Prabowo saat ini berada di pihak oposisi yang akan maju melawan Joko Widodo alias Jokowi di kontestasi Pilpres nanti.

"Pak Prabowo dalam posisi sebagai oposisi, yang menantang, men-challenge," jelas Surya. "Wajar dong kalau beliau berbicara tidak seirama dengan (pihak) yang sedang mempertahankan, dalam hal ini Pak Jokowi."

Ia kemudian mencontohkan ajang sepak bola di mana pendukung masing-masing tim saling menguatkan pendapat mereka masing-masing. Perselisihan adalah hal yang lumrah terjadi namun yang paling penting adalah bagaimana kita berusaha menjaga kerukunan saat pertandingan sudah selesai.

"Yang selalu diingatkan Nasdem itu kita bagaimana menjaga persatuan dalam semangat kekitaan tadi," lanjut Surya. "Ya sudahlah seperti pemain bola ada gesekan kanan dan kiri itu biasa, selesai pertandingan kita saling merangkul."

Surya mengungkapkan bahwa semakin Jokowi diserang, maka semakin banyak dukungan yang mengalir untuk Capres nomor urut 01 tersebut. Sehingga, hal itu patut disyukuri sebagai modal untuk memenangkan Pilpres ini.

"Ya pastilah itu patut disyukuri ya," tandas Surya. "Bagaimanapun semakin mengalirnya dukungan tambahan itu semakin memberikan tambahan energi bagi seluruh para pendukung Jokowi."

You can share this post!

Related Posts