Ahmad Dhani Dipindah ke Rutan Medaeng, Kuasa Hukum Murka Sebut Peradilan Sesat
WowKeren/Fernando
Selebriti

Pengacara Dhani merasa geram dan tak terima atas perlakuan pengadilan kepada kliennya yang semena-mena

WowKeren - Ahmad Dhani sudah mendekam di Rutan Medaeng, Surabaya, Jawa Timur, sejak 7 Februari lalu. Pentolan band Dewa 19 tersebut dipindahkan untuk memudahkan proses hukum kasus "vlog idiot". Akan tetapi, pemindahan Dhani ke Surabaya diprotes oleh sang kuasa hukum, Lieus Sungkarisma.

Lieus meluapkan kekesalannya terhadap pengadilan yang sudah memenjarakan Dhani, meski kliennya mengajukan banding sehingga belum memiliki kekuatan hukum pasti. Bahkan Lieus sampai menyebut "Peradilan Sesat" karena merasa kliennya diperlakukan semena-mena. Lieus juga mencontohkan kasus Buni Yani yang belum ditahan saat mengajukan banding atas kasus pengeditan video pidato Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.


"Memang ini peradilan menurut saya peradilan sesat. Saya katakan sesat karena Ahmad Dhani ini cuitannya tidak menyebut nama tapi dia diputus 1,5 tahun kemudian dia menjalankan," ujar Lieus kepada WowKeren saat ditemui di Pengadilan Tinggi Jakarta pada Senin (11/2). "Padahal kan dia susah menyatakan banding. Kalau pernyataan banding itu artinya putusan pengadilan yang menghukum dia 1,5 tahun belum memiliki kekuatan hukum pasti. Jangan ditahan dong. Saya ikuti tuh persidangan Buni Yani di Bandung, dia enggak inkrahct (berkekuatan hukum tetap) makanya enggak ditahan."

Lebih lanjut, Lieus memprotes pemindahan Dhani ke Surabaya adalah kriminalisasi, lantaran menilai kasus kliennya bukan pelanggaran hukum berat. Lieus juga mengatakan bahwa Dhani dibatasi haknya untuk bersuara oleh sekelompok orang di Surabaya, yang kini melaporkannya atas pencemaran nama baik.

"Itu mah betul-betul enggak punya perasaan. Di Surabaya itu bukan kasus berat, bukan kasus korupsi, kasus pencemaran nama baik yang ancaman hukumannya di bawah 4 tahun. Saya katakan kriminalisasi," ungkap Dhani. "Di Surabaya itu mau bikin acara, dia diundang, dia keluar hotel dikepung kemudian dia kasih statement dia yang kena. Ini kan sudah gila. Harusnya yang kena itu yang ngepung dia. Kebebasan orang berekspresi melakukan kegiatan itu jadi dilanggar."

Belum usai, Lieus juga mengatakan bahwa keluarga Dhani merasa keberatan dengan pemindahannya ke Surabaya. Sementara itu, Mulan Jameela sudah terlihat berada di Surabaya untuk menjenguk Dhani.

You can share this post!

Related Posts