Hati-Hati, Ini 8 Penyebab Umum Selangkangan Menghitam yang Bikin Tak Percaya Diri
Lifestyle

Selangkangan yang hitam tentu ada penyebabnya, bukan? Bisa jadi kebiasaan kalian selama ini yang memicu hal tersebut.

WowKeren - Selangkangan yang menghitam tentu membuat sebagian orang tidak percaya diri. Apalagi, buat kalian yang lagi pengen liburan ke pantai. Bikini yang sudah dibeli bisa sia-sia nih lantaran malu memiliki selangkangan yang hitam.

Masalah selangkangan yang hitam dapat kalian atasi dengan menggunakan bahan alami, lho. Mulai dari tawas, kunyit, madu, mentimun, tomat dan masih banyak lagi, selengkapnya bisa kalian simak di sini. Perawatan selangkangan hitam harus rutin dan penuh kesabaran, ya.


Selangkangan yang hitam tentu ada penyebabnya, bukan? Bisa jadi kebiasaan kalian selama ini yang memicu hal tersebut. Lantas, apa saja ya penyebab selangkangan menghitam? Simak di sini, ya.

1. Celana Dalam Terlalu Ketat Menyebabkan Selangkangan Menghitam


Celana Dalam Terlalu Ketat Menyebabkan Selangkangan Menghitam

Siapa yang suka menggunakan pakaian atau celana dalam ketat? Perlu kalian tahu bahwa celana dalam ketat dapat membuat kulit di sekitarnya mengalami tekanan terus menerus dan gesekan yang terjadi lebih instens. Kulit akan sulit bernapas, area organ vital wanita jadi lembap dan akhirnya terjadi iritasi yang menyebabkan hiperpigmentasi kulit. Hal ini yang menyebabkan selangkangan menjadi hitam.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya jangan menggunakan celana dalam dengan bahan nilon dan polyster yang tidak menyerap keringat. Keringat yang tidak terserap akan menyebabkan warna kulit menghitam. Maka dari itu, gunakan celana dalam yang tidak terlalu ketat agar kulit masih bisa bernapas.

2. Terkena Sinar Matahari saat Berjemur atau Berenang


Terkena Sinar Matahari saat Berjemur atau Berenang

Buat yang sering berjemur, kalian wajib hati-hati mulai saat ini. Pasalnya, kulit area selangkangan dapat menghitam karena paparan sinar matahari. Hal ini juga berlaku bagi kalian yang suka berenang. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan krim tabir surya untuk mencegah sinar UV langsung menyentuh kulit. Kalian juga harus menghindari matahari saat sedang terik-teriknya.

3. Selangkangan Menghitam Karena Jamur


Selangkangan Menghitam Karena Jamur

Daerah yang lembap merupakan tempat favorit jamur untuk tubuh, termasuk selangkangan. Jika bagian selangkangan berkeringat akibat pakaian yang ketat, jamur pun akan tubuh di daerah tersebut. Infeksi seperti ini biasanya disebabkan oleh jamur tipe dermatofita yang menimbulkan rasa gatal yang mengganggu.

Hal ini dapat diatasi dengan menjaga daerah selangkangan tetap kering. Kenakan celana dalam dengan bahan yang menyerap keringat. Selain itu, keringkan bagian organ vital setelah kalian buang air kecil maupun besar.

4. Obesitas Sebabkan Selangkangan Menghitam


Obesitas Sebabkan Selangkangan Menghitam

Penumpukan lemak pada bagian paha, perut dan lengan akan dialami oleh orang-orang yang mengidap obesitas atau kegemukan. Lemak tersebut membuat tidak adanya celah atau jarak antara kedua paha atau pun lengan dengan ketiak. Hal itu menyebabkan adanya gesekan antara kulit.

Gesekan yang terjadi terus menerus akan menyebabkan abrasi atau pengikisan kulit yang menimbulkan kekeringan. Ketika kering, kulit menjadi rentan terhadap iritasi dan terjadilah hiperpigmentasi yang menyebabkan kulit menghitam.

5. Penderita Diabetes Rentan Alami Selangkangan Menghitam


Penderita Diabetes Rentan Alami Selangkangan Menghitam

Kondisi kesehatan lainnya yang dapat sebabkan selangkangan hitam adalah diabetes. Resistensi insulin ini juga dapat menyebabkan bagian lipatan seperti menghitam, termasuk leher dan ketiak. Nah, jika kalian sudah merawat kulit selangkangan dengan baik, namun tetap menghitam, mungkin saja kalian terkena diabetes.

6. Selangkangan Menghitam? Mungkin Karena Ketidakseimbangan Hormon


Selangkangan Menghitam? Mungkin Karena Ketidakseimbangan Hormon

Penyebab selanjutnya adalah ketidakseimbangan hormon. Pada sebagian wanita, ketidakseimbangan hormon berpengaruh pada kondisi kulit. Misalnya saat wanita mengalami menstruasi. Namun, begitu mens selesai, warna hitam tersebut bisa memudar dengan sendirinya.

7. Kebiasaan Mencukur Sebabkan Kulit Selangkangan Menghitam


Kebiasaan Mencukur Sebabkan Kulit Selangkangan Menghitam

Kulit pada bagian organ vital dan selangkangan cenderung lebih sensitif. Kalian wajib hati-hati saat mencukurnya. Pasalnya kesalahan dalam mencukur dapat menimbulkan resiko iritasi yang berujung perubahan warna kulit selangkangan menjadi gelap. Selain itu, kalian juga harus memilih alat cukup yang baik dan tajam.

8. Obat-Obatan Seperti Pil KB Sebabkan Selangkangan Hitam


Obat-Obatan Seperti Pil KB Sebabkan Selangkangan Hitam

Perubahan warna kulit juga dapat disebabkan karena obat-obatan, lho. Contohnya adalah penggunaan pil KB. Selain itu, pil KB juga menyebabkan adanya infeksi jamur pada vagina. Nah, infeksi jamur ini juga yang dapat memicu selangkangan menghitam lantaran timbulnya gatal-gatal.

Nah, buat kalian yang ingin tahu cara paling baik untuk menjaga kesehatan vagina, simak di sini.

You can share this post!

Related Posts
Loading...