Fakta-Fakta Dokter yang Dikirim Jokowi untuk Ani Yudhoyono: Nyaris Dipecat Karena Metode 'Cuci Otak'
Nasional

Jokowi secara khusus mengirim dokter kepresidenan tangani Ani Yudhoyono, seperti apa sepak terjang Dokter Terawan ini?

WowKeren - Kabar sakitnya istri Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, yakni Ibu Ani Yudhoyono, turut mengundang perhatian masyarakat. Tak terkecuali dari Presiden Indonesia saat ini, Joko Widodo.

Presiden secara khusus mengirimkan dokter kepresidenan untuk turut tangani Ani Yudhoyono di Singapura. Seperti apa sepak terjang dokter kepresidenan yang khusus diamanati Jokowi merawat mertua dari Annisa Pohan itu?

Dokter kepresidenan yang ditugaskan Jokowi tersebut adalah Kepala RSPAD Gatot Soebroto, yakni Terawan Agus Putrantor. Pria yang dikenal sebagai Dokter Terawan tersebut ditugasi Jokowi untuk menemui dan membantu perawatan Ani Yudhoyono di Singapura.

Kendati demikian, sepak terjang Dokter Terawan ini cukup mengesankan. Di sisi lain, ia dipuji sebagai seorang dokter yang sukses menyembuhkan 40 ribu orang dengan metode "cuci otak". Namun, berkat itu pula, Terawan juga nyaris dipecat sebagai dokter oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI).


Dokter Terawan seperti dilansir Grid pada Kamis (14/2) mengaku sudah berhasil menyembuhkan 40 ribu pasien stroke dengan menggunakan metode "cuci otak" tersebut. Selain metode "cuci otak", Dokter Terawan juga mengaku menerapkan program DSA (Digital Substraction Angiogram).

Metode "cuci otak" yang diungkap Dokter Terawan tersebut lantas melambung. Namun, ia juga hampir saja memeroleh sanksi pemecatan. Hal itu dikarenakan IDI menilai Dokter Terawan tidak terbuka dan tak ingin menjelaskan mengenai metode yang digunakannya itu. Dokter Terawan juga disebut mendapatkan penolakan dari Ketua Persatuan Dokter Saraf Seluruh Indonesia (Perdossi) karena metode DSA-nya.

Di tengah kontroversinya, Dokter Terawan sendiri dikenal sebagai pribadi yang rendah hati. Ia juga disebut bukanlah dokter yang memeras uang. "Saya saksi hidup. Itu dokter Terawan adalah dokter yang tidak doyan duit. Sing penting (yang penting) pasien yang dia tangani sembuh," jelas salah satu pasien Dokter Terawan, Bambang Kuncoro, seperti dilansir TribunNews.

Dokter Terawan juga pernah menjadi perbincangan netizen di dunia maya akibat metode "cuci otak" tersebut. Ia sempat menduduki jajaran trending topic berkat metode yang disebut ampuh menyembuhkan pasien stroke.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru