Disebut Jadi Alat Politik di Pilpres 2019, Ma'ruf Amin: Memang Saya Pacul?
Nasional

Ma'ruf Amin menghadiri Harlah Nahdlatul Ulama (NU) ke-93 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (14/2).

WowKeren - Suasana politik Tanah Air kini semakin memanas. Kedua kubu yang berkontestasi dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019 berlomba untuk memenangkan hati publik.

Beberapa isu pun berhembus dalam masa-masa jelang Pilpres 2019, salah satunya menyangkut calon Wakil Presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin. Ma'ruf diisukan menjadi alat politik untuk mendapatkan kekuasaan oleh Calon Presiden Joko Widodo.

Menanggapi isu tersebut, Ma'ruf pun buka suara. Ia tak berkenan diisukan hanya menjadi alat politik di Pilpres 2019. Hal tersebut disampaikan Ma'ruf kala menghadiri Harlah Nahdlatul Ulama (NU) ke-93 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (14/2).

Ma'ruf juga menuturkan bahwa dirinya adalah Rais Aam dan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sehingga tidak mungkin ia hanya digunakan sebagai alat politik dengan mendampingi Jokowi.

"Katanya Ma'ruf Amin hanya menjadi alat. Memangnya saya ini pacul apa, yang jadi alat kan pacul," tutur Ma'ruf di hadapan ribuan peserta. "Saya ini (mantan) Rais Aam, Ketua Umum MUI, masa jadi pacul."


Tak hanya itu, Ma'ruf juga membela Jokowi. Ia menyebut bahwa Jokowi tak mungkin menjadikan seorang kiai sebagai alat saja.

"Masa Pak Jokowi serendah itu, kiai dijadikan alat," terang Ma'ruf. "Namanya menghina Pak Jokowi itu, ente jangan sembarangan ngomong."

Ma'ruf pun menegaskan bahwa pihak-pihak yang menyebarkan isu tersebut hanya ingin memperkeruh suasana politik. Namun Ma'ruf tak memungkiri dirinya siap dijadikan alat apabila berhubungan dengan kepentingan masyarakat Indonesia.

"Itu tukang bikin waswas, masa dijadikan alat," jelas Ma'ruf. "Akan tetapi, kalau dijadikan alat untuk membangun kemaslahatan dan membuat Indonesia maju, tentu saya siap."

Dalam acara Harlah NU ke-93 tersebut, hadir pula Wakil Ketua MPR RI Muhaimin Iskandar. Lalu ada pula Rais Syuriah PCNU Cianjur K.H. Abdul Qodir Rozi, dan Ketua Tanfiziah PCNU Cianjur Khaerul Anam.

Setelah menghadiri Harlah NU, Ma'ruf akan bersilaturahmi ke sejumlah pondok pesantren di Cianjur, Jawa Barat. Cawapres nomor urut 01 ini memang tengah melakukan safari kampanye di Jawa Barat untuk memastikan kemenangannya dan Jokowi.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait