Oscar 2019: Tagar #boycottOscar Jadi Viral, Pihak Academy Akhirnya Buka Suara
Getty Images/Rodin Eckenroth
Film

Terancam diboikot, para petinggi Oscar menyebut bahwa ada informasi yang salah dimengerti oleh banyak pihak.

WowKeren - Rupanya keputusan pihak Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) selaku penyelenggara Oscar 2019 untuk tak mengumumkan pemenang sejumlah kategori secara langsung menuai respon negatif dari banyak pihak. Seperti yang diketahui, sebelumnya pihak Academy mengonfirmasi ada 4 kategori yang akan diumumkan saat jeda iklan berlangsung, yakni Best Cinematography, Film Editing, Live Action Short, serta Make-up and Hairstyling.

Keputusan ini mendapat kecaman dari sejumlah sineas. Bahkan beberapa di antaranya mengancam akan memboikot ajang Oscar 2019 jika misalnya mereka benar-benar tak menayangkan keempat kategori tersebut secara langsung. Bahkan belum lama ini, tagar #boycottOscar pun cukup ramai bertebaran di media sosial.

Menanggapi hal ini, akhirnya petinggi The Academy pun angkat bicara. Dilansir Variety pada Jumat (15/2), Academy's Board of Governors akhirnya mengirim surat yang menegaskan bahwa rumor tersebut tidak benar adanya. Oscar akan tetap menayangkan penyerahan piala kepada empat kategori yang memang penting dalam sebuah pembuatan film.


"Selaku petugas Academy, kami ingin meyakinkan kepada Anda bahwa tidak ada kategori penghargaan di penyelenggaraan Oscar ke-91 yang disepelekan dan dikesampingkan," bunyi pernyataan dalam surat tersebut. "Sayangnya, sebagai hasil dari pelaporan yang tidak akurat dan postingan di media sosial, telah ada informasi yang salah dimengerti dan telah membuat banyak anggota Academy kesal."

Lebih lanjut, mereka juga kembali menjelaskan maksud dari kebijakan sebelumnya. "Kami ingin menyatakan kembali dan menjelaskan rencana penyajian penghargaan, sebagaimana disetujui oleh Academy's Board of Governors (Dewan Petinggi The Academy)," lanjut surat itu.

Dalam lanjutannya, tertulis bahwa keempat kategori yang dimaksud tidaklah benar-benar sama sekali tak ditampilkan. Para pemenang akan tetap diumumkan dalam siaran selanjutnya, begitu pula dengan pidato kemenangan dari peraih piala keempat kategori terkait.

Akan tetapi, durasi saat para pemenang naik ke atas panggung akan dipotong agar tak memakan waktu. Keputusan tersebut tentunya berhubungan dengan selang waktu 3 jam yang disiapkan untuk menyiarkan ajang bergengsi ini.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel