Putra Mahkota Arab Saudi Tunda Pertemuan dengan Jokowi, Ada Apa?
AFP
Nasional

Putra Mahkota Arab Saudi sebelumnya dikabarkan akan mengunjungi sejumlah negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

WowKeren - Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS), dijadwalkan mengunjungi beberapa negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, pada Senin (18/2). MBS rencananya juga akan menemui Presiden Indonesia, Joko Widodo pada Selasa (19/2).

Akan tetapi, kunjungan Putra Mahkota Arab Saudi ini dikabarkan ditunda. Hal ini disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI. Sayang, tak disebutkan apa alasan kunjungan MBS di Indonesia ditunda.

Kemlu hanya menyebutkan jika rencana kunjungan MBS ke kawasan Asia Tenggara ditunda. "Rencana kunjungan Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdulaziz Al Saud ke kawasan Asia Tenggara (Indonesia dan Malaysia) ditunda pelaksanaannya," tulis Kemlu di situs resminya, pada Sabtu (16/2).

Kendati demikian, Kemlu masih akan terus berkomunikasi dengan pihak Arab Saudi untuk menentukan jadwal yang baru. "Indonesia dan Saudi Arabia akan terus berkomunikasi untuk menentukan jadwal baru, sekaligus memastikan hasil-hasil kunjungan (deliverables) yang lebih optimal," terang Kemlu.


Sebelumnya, kabar kedatangan MBS ke Indonesia disampaikan oleh Juru Bicara Wakil Presiden, Hussain Abdullah. "Rencananya tiba tanggal 18 Februari malam. Tanggal 19 Februari pagi acara bilateral dengan Presiden," terang Hussain.

Setelah menggelar pertemuan, MBS dijadwalkan akan menghadiri jamuan makan siang. Selanjutnya di sore hari, putra mahkota tersebut akan membuka forum bisnis di Jakarta bersama dengan Wapres Jusuf Kalla.

Pada saat itu, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, mengungkapkan bahwa pihaknya masih belum bisa memberikan kepastian tanggal kapan putra mahkota akan berkunjung. Hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan komunikasi dengan otoritas Arab Saudi.

"Memang ada rencana, tapi sekarang kita sedang terus berkomunikasi," kata Retno di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (13/2). "Jadi di titik ini saya belum dapat mengonfirmasikan."

Hussain mengatakan bahwa kunjungan MBS ke Indonesia dalam rangka untuk membahas kerja sama bilateral di bidang ekonomi. Adapun kunjungan tersebut merupakan kelanjutan dari pertemuan JK dan MBS beberapa waktu lalu saat berada di Argentina.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait