Viral Video Hujan Lokal Aneh Hanya Guyur Jalanan Sejauh 5 Meter, Ini Penjelasan BMKG
SerbaSerbi

Video dengan judul 'Hujan Lokal Teraneh' menghebohkan warganet, kejadian tersebut terjadi di Kota Binjai, Sumatera Utara

WowKeren - Warganet baru-baru ini dihebohkan dengan video fenomena alam yang aneh di media sosial. Dalam video yang diambil di Jalan Ahmad Yani, Kota Binjai, Sumatera Utara, tersebut, tampak hujan yang hanya membasahi radius lima meter saja.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @ceritamebidang pada Minggu (17/2). Warga pun tampak berhenti dan mengamati fenomena alam unik tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun buka suara. Menurut Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan, Syahnan, fenomena tersebut merupakan hal yang biasa.

"Ini fenomena hujan lokal biasa," terang Syahnan dilansir Kompas.com, Senin (18/2). "Ini biasa terjadi, kebetulan saja ini terjadi di tengah jalan sehingga menjadi perhatian."


Syahnan lantas menjelaskan perihal hujan lokal. Fenomena tersebut adalah hujan yang jatuh di daerah tertentu dan tidak merata.

Pola curah hujan lokal sendiri dipengaruhi oleh kondisi dan keadaan setempat. Faktor-faktor pembentuknya ialah naiknya udara lembab secara paksa dari aliran udara yang menuju ke dataran tinggi. Serta akibat pemanasan lokal yang tidak seimbang.

"Pola curah hujan lokal memiliki ciri yang berkebalikan dengan pola hujan monsunal," jelas Syahnan. "Yaitu saat wilayah pola hujan monsunal mengalami musim hujan, maka wilayah dengan pola hujan lokal mengalami musim kemarau."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait