Anji Ikut Komentari Konflik Dyrga Dadali Band dan Irwan Sumenep, Bela Siapa?
Instagram/duniamanji
Musik

Dyrga menegur Irwan yang dituding meniru gayanya bernyanyi hingga meng-cover lagu Dadali Band tanpa izin.

WowKeren - Irwan Sumenep belum lama ini dituding Octa Dyrga Nalaprana telah meniru gayanya bernyanyi. Tak hanya itu, penyanyi jebolan "D'Academy 2" tersebut juga dituding tak memiliki izin untuk membuat video klip lagu "Disaat Aku Terluka" milik Dadali Band.

Tak terima dengan tudingan tersebut, Irwan pun membantah bahwa ia meniru gaya bernyanyi Dyrga. Kali ini, penyanyi dan musisi Anji ikut menanggapi tentang perseteruan Dyrga dan Irwan. Menurut Anji, Dyrga sedang memperjuangkan hak cipta atas lagunya yang dinyanyikan Irwan.


"Ada namanya Hak Ekonomi dan Hak Moral. Hak ekonomi termasuk di dalamnya adalah performing rights yang sering saya bahas, yang sampai saat ini belum terlaksana dengan baik," bunyi komentar Anji. "Hal moral adalah hak pengakuan. Itulah kenapa saya membuat banyak konten di YouTube membicarakan dan memperjuangkan soal itu, Bro."

Komentar Anji tersebut pun dibalas oleh Dyrga, yang menilai Irwan salah karena tak menambahkan keterangan di video covernya. "@duniamanji Yap saya faham. Hak cipta adalah bagian dari Intellectual Property (IP) juga, kesalahan dari @da2_irwan_sumenep adalah tidak menuliskan kata 'cover' atau 'dipopulerkan oleh'," balas Dyrga.

Lihat postingan ini di Instagram

jangan lupa senyum hari ini 😊

Sebuah kiriman dibagikan oleh dyrganp_dadali (@dyrganp_dadali) pada

Kendati memahami alasan Dyrga tersebut, Anji menegaskan bahwa ia tak membela aksinya yang memojokkan Irwan. Apalagi mantan vokalis Drive tersebut sempat berseteru dengan Dyrga, lantaran kesalahpahaman mengenai cover album Dadali Band di vlognya.

"Sekarang dengan @da2_irwan_sumenep yang dipermasalahkan kan soal copyright. Saya komen begitu bukan berarti membela dirimu ya," lanjut Anji di kolom komentar postingan Dyrga. "Jangan sampai orang yang membaca postingan ini (yang diambil dari komentar saya) merasa saya ikut memojokkan Irwan."

Sementara itu, Dyrga sebelumnya telah memberikan beberapa bukti bahwa Irwan telah meniru gayanya. Akan tetapi, hal tersebut malah membuat Dyrga menerima banyak cibiran lantaran dituding ingin panjat sosial alias pansos.

You can share this post!

Related Posts