JK Tanggapi Prabowo Soal Unicorn Larikan Uang ke Luar Negeri: Justru Sebaliknya
Nasional

JK menganggap pernyataan Prabowo soal 'unicorn' yang mempercepat arus uang Indonesia ke luar negeri tidak sesuai dengan fakta.

WowKeren - Saat debat Pilpres kedua pada Minggu (17/2), calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto sempat mengatakan bahwa keberadaan unicorn bisa mempercepat arus uang Indonesia ke luar negeri. Pernyataan ini menuai protes dari kalangan pemuda milenial.

Mereka tidak setuju dengan pernyataan Prabowo. Sebab, unicorn justru mampu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat. Buntutnya, mereka menggelar aksi protes bertajuk #SaveUnicorn.

Terkait hal ini, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) juga ikut angkat bicara. Ia menilai bahwa pernyataan Prabowo justru berkebalikan dengan fakta yang ada. Sebab pada kenyataannya, unicorn justru mampu memasukkan modal asing ke dalam negeri.

"Justru terbalik," kata JK di kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (19/2). "Unicorn dalam praktik mendatangkan modal asing. Memang nanti akibat dari itu kalau ada keuntungannya tentu dibagi juga modal asing itu."

Menurut JK, hal seperti itu sudah biasa dalam urusan bisnis. Ia menegaskan kembali bahwa unicorn justru menolong dengan mengalirkan modal dari luar negeri. Hal ini juga merupakan permintaan dari pemerintah.


"Itu bisnis biasa," tegas JK. "Tapi intinya unicorn memasukkan modal asing ke dalam negeri dan itu yang kita memang minta."

JK kemudian mencontohkan dua unicorn di Indonesia yang mampu mendatangkan modal asing. Seperti Go-Jek dan Bukalapak yang banyak menarik investor dari Softbank, Alibaba Group, serta Vision Fund.

Selain mampu mendatangkan modal asing, unicorn juga dikatakan mampu membuka lapangan kerja baru. Dengan kata lain, uang yang masuk dari luar tersebut kemudian diserap dengan mempekerjakan jutaan orang.

Oleh sebab itu, eksistensi unicorn justru harus didukung dan dikembangkan. JK bersyukur bahwa generasi muda Indonesia mampu membuka jutaan lapangan pekerjaan bagi banyak orang. Hal-hal seperti inilah yang dibutuhkan oleh negeri ini mengingat lapangan kerja kerap menjadi masalah hampir setiap tahunnya.

"Karena memberikan lapangan kerja jutaan orang. Itu yang kita butuhkan," tutur JK. "Dan kita bersyukur bahwa anak-anak muda kita yang mengerjakan itu."

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait