Ma'ruf Amin Tanggapi Surat Ahmad Dhani: Tahu Apa Dia Soal NU?
Nasional

Dalam surat tersebut, Ahmad Dhani menyebut dirinya adalah pengikut NU, namun bukan seperti mereka pendukung Jokowi maupun yang merasa kelompoknya paling benar.

WowKeren - Ahmad Dhani menyebut dirinya adalah seorang Nahdlatul Ulama (NU) pengikut Hadratussyekh Hasyim Asy'ari. Ia menegaskan bahwa dirinya adalah seorang NU Gusdurian dari dulu hingga sekarang. Pernyataan tersebut disampaikan olehnya secara tertulis lewat surat yang dibawa ke Pengadilan Negeri Surabaya.

"Saya NU pengikut Hadratussyekh Hasyim Asy'ari," tulis Dhani dalam surat tersebut, Selasa (19/2). "Saya NU Gusdurian. 100 Persen Islam-nya Gus Dur. Dari dulu hingga sekarang."


Mustayar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Ma'ruf Amin menanggapi isi surat Dhani tersebut. Menurut Ma'ruf, Dhani sama sekali tidak paham NU.

Ia mempertanyakan apakah Dhani pernah menjadi kader NU sebelumnya. Jika pernah, Ma'ruf yakin jika Dhani hanya menjalani proses kaderisasi selama beberapa hari saja.

"Oh, dia tahu apa tentang NU. Dia kan enggak paham NU," kata Ma'ruf di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (21/2). "Kapan dia jadi NU. Kader NU berapa hari dia?"

Calon wakil presiden nomor urut 01 ini mengatakan bahwa NU sudah berdiri selama 93 tahun. Ia menjelaskan bahwa NU tak hanya merupakan sebuah organisasi, namun juga sebagai cara berpikir dan akidah.

"NU ini sudah 93 tahun," lanjut Ma'ruf. "NU itu akidah, NU itu cara berpikir, NU itu amaliyah, NU itu gerakan, NU itu organsiasi."

Dalam surat yang ditulis Dhani, pentolan grup musik Dewa 19 tersebut menegaskan bahwa dirinya bukan merupakan NU pendukung Jokowi. Ia mengelompokkan pengikut ke dalam beberapa kategori.

"Jika NU adalah Islam Nusantara, saya bukan dari ini," tulis Dhani. "Jika NU harus jadi pendukung Jokowi, apalagi ini saya pasti bukan bagian dari ini."

Dhani juga menyebut ada pengikut NU yang menganggap kelompoknya yang paling benar. Namun tentu saja, ia mengatakan bahwa dirinya bukan salah satu dari mereka. "Jika NU adalah mereka yang menganggap kelompoknya yang paling benar, obviously not my kinda group," lanjut Dhani.

Sementara itu, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil mengatakan bahwa Dhani bukan bagian dari NU lagi. Sebab, suami Mulan Jameela tersebut telah terang-terangan menghina NU. "Sudah menghina NU, bukan warga NU dong," kata Said di Sleman, Yogyakarta, Jumat (15/2).

You can share this post!

Related Posts
Loading...