8 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Berbagai Kanker
Health

Siapa sangka bawang putih dapat cegah kanker. Yuk simak di sini!

WowKeren - Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang tidak bisa lepas dari masakan khas Indonesia. Bumbu ini memiliki aroma yang kuat dan melengkapi rasa suatu masakan. Namun, tak sedikit orang yang tidak menyukai bawang putih terlalu banyak.

Sama seperti bahan-bahan dapur lainnya, bawang putih juga memiliki banyak manfaat. Bahkan, bawang putih sudah digunakan sebagai obat sejak zaman sejarah kuno di Mesir, Babilonia, Yunani, Romawi dan Cina.


Manfaat bawang putih tersebut didapat dari senyawa sulfur yang muncul saat bawang putih dicincang, dihancurkan atau dikunyah. Senyawa tersebut akan masuk ke dalam tubuh dari saluran pencernaan dan memberikan efek biologis yang kuat.

Nah, manfaat bawang putih tidak main-main, lho. Banyak penyakit berbahaya dapat dicegah dengan mengonsumsi bawang putih. Mau tahu apa saja? Simak di sini yuk!

(wk/nris)

1. Bawang Putih dapat Atasi Kolesterol Tinggi


Bawang Putih dapat Atasi Kolesterol Tinggi

Setiap manusia memiliki kolesterol, yang merupakan senyawa dengan sifat mirip lemak yang hidup secara alami dalam hampir setiap bagian tubuh, seperti otak, saraf, otot, usus, hati dan jantung. Kolesterol datang dari dua sumber, yaitu diproduksi oleh hati atau lewat makanan yang kalian konsumsi.

Kolesterol yang tinggi di dalam tubuh bisa menjadi masalah yang menyebabkan penyakit. Hal tersebut dapat diatasi oleh bawang putih. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Postgraduate Medicine mengonsumsi setidaknya 10 gram bawang putih mentah setiap hati selama dua bulan berhasil membantu menurunkan kadar kolesterol . Bawang putih terbukti mampu menurunkan kolesterol jahat sekitar 10-25%.

2. Manfaat Bawang Putih untuk Mencegah Penyakit Jantung


Manfaat Bawang Putih untuk Mencegah Penyakit Jantung

Berkaitan dengan menurunkan kolesterol tinggi, bawang putih juga dapat mencegah penyakit jantung. Penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian bagi pria dan wanita. Di Amerika Serikat, lebih dari 600 ribu orang setiap tahunnya meninggal karena penyakit jantung, berdasarkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Sebuah penelitian dalam The Journal of Nutrition, menemukan bahwa bawang putih mentah bisa membantu mengurangi penumpukan plak pada arteri koroner, yaitu pembuluh darah yang memompa darah ke jantung. Untuk mendapatkan manfaat ini, kalian perlu mengonsumsi bawang putih mentah secara rutin.

3. Bawang Putih dapat Turunkan Resiko Kanker


Bawang Putih dapat Turunkan Resiko Kanker

Penyakit berbahaya lain yang kalian cegah dengan bawang putih adalah kanker. Perlu kalian tahu bahwa kandungan senyawa sulfur bioaktif dapat mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh. Hal ini lantaran sulfur bioaktif berfungsi untuk memperbaiki atau membunuh sel tubuh yang rusak, melindungi tubuh dari zat karsinogen dan menghambat penyebaran sel yang tidak sehat.

Banyak penelitian di seluruh dunia membuktikan khasiat makan bawang putih mentah dapat membunuh atau mengurangi berbagai jenis sel kanker. Sebut saja kanker payudara, kanker pankreas dan kanker paru-paru. Selain bawang putih, bawang merah juga dapat mengatasi banyak manfaat untuk berbagai jenis kanker, simak di sini.

4. Khasiat Bawang Putih dapat Mengontrol Tekanan Darah


Khasiat Bawang Putih dapat Mengontrol Tekanan Darah

Bawang putih memiliki kandungan polisulfida yang terbukti mampu mengendalikan tekanan darah. Hal ini tentu baik bagi penderita hipertensi. Jurnal ilmiah Maturitas, polisufida membantu melebarkan dan membuka pembuluh darah supaya tidak mendapat tekanan yang terlalu besar. Nah, dengan mengonsumsi bawang putih setiap hari selama tiga bulan dapat menurunkan tekanan darah hingga 10 mmHg.

5. Bawang Putih untuk Kesehatan Otak dan Mencegah Alzheimer


Bawang Putih untuk Kesehatan Otak dan Mencegah Alzheimer

Dalam Journal of Neurochemistery membuktikan bahwa kandungan S-allyl L-cysteine (SAC) dan antioksidan yang terdapat dalam bawang putih mampu menjaga otak dari berbagai kerusakan kognitif. Hal ini dapat mencegah berbagai gangguan yang menyerang otak seperti penyakit Alzheimer dan demensia.

Senyawa kimia dalam bawang putih bertugas untuk mencegah penumpukan plak atau zat berbahaya pada sistem saraf. Cara mengonsumsinya dengan langsung bawang putih setiap hari atau memasukkannya ke dalam makanan.

6. Jaga Kekebalan Tubuh dengan Bawang Putih


Jaga Kekebalan Tubuh dengan Bawang Putih

Mengonsumsi bawang putih dapat menjaga kekebalan tubuh seseorang. Bawang putih memiliki senyawa aktif alicin sebagai antivirus, antimikroba dan antijamur. Kalian dapat terhindar dari berbagai penyakit seperti infeksi, pilek, batuk dan lainnya.

Untuk mengonsumsinya kalian dapat mengunyah atau menelan langsung bawang putih. Penelitian dapat mengurangi pilek hingga 63 persen. Nah, banyak kan manfaatnya.

7. Bawang Putih Sebagai Detoksifikasi


Bawang Putih Sebagai Detoksifikasi

Manfaat selanjutnya dari bawang putih adalah sebagai detoksifikasi alias mengeluarkan racun dalam tubuh. Sulfur dalam bawang putih akan melindungi organ tubuh dari kerusakan-kerusakan dan keracunan logam berat. Penelitian mendapati bawang putih dapat mengurangi kadar timbal dalam darah sebesar 19%. Hal tersebut membuat bawang putih dapat mendetoksifikasi tubuh.

Nah, selain bawang putih, kalian dapat melakukan berbagai cara lainnya untuk detoksifikasi. Simak di sini. Ketahui juga 10 tanda tubuh butuh detoksifikasi di sini.

8. Bawang Putih untuk Mengobati Sakit Gigi


Bawang Putih untuk Mengobati Sakit Gigi

Bawang putih juga dapat mengatasi sakit gigi. Kalian pasti sudah mengetahui hal ini. Sifat antibakteri dan anesthetizing pada bawang putih lah yang mengambil alih hal tersebut. Untuk menggunakannya, kalian hanya perlu meletakkan bawang putih cincang pada gigi yang sedang sakit. Lakukan pengobatan ini dua kali dalam seminggu. Simak cara mengatasi sakit gigi dengan bahan alami lainnya Sifat antibakteri dan anesthetizing pada bawang putih lah yang mengambil alih hal tersebut. di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait