Wajib Kalian Hindari, Ini 9 Hal yang dapat Sebabkan Pori-Pori Wajah Membesar
Lifestyle

Pori-pori wajah yang membesar terkadang membuat sebagian orang tidak percaya diri.

WowKeren - Pori-pori besar menjadi masalah bagi sebagian orang. Pori-pori sebenarnya merupakan pembukaan folikel (kantong kelenjar) ke permukaan kulit. Pori-pori berfungsi sebagai jalan keluar minyak dan tumbuhnya rambut.

Nah, pori-pori yang membesar lebih dari folikel rambut rata-rata membuat permukaan kulit terlihat tidak rata. Pori-pori besar juga akan menyebabkan berbagai masalah kulit seperti jerawat, komedo dan masih banyak lagi.


Untuk menyamarkan pori-pori besar, banyak hal yang dilakukan wanita tanpa tahu penyebab sebenarnya. Banyak yang salah langkah dan malah membuat pori-pori makin membesar.

Berikut 9 penyebab pori-pori membesar. Simak di bawah ini.

(wk/nris)

1. Sering Menggunakan Make Up Tebal untuk Menutupi Pori-Pori


Sering Menggunakan Make Up Tebal untuk Menutupi Pori-Pori

Salah satu cara untuk mengatasi pori-pori besar adalah dengan trik makeup. Padahal, hal tersebut malah membuat pori-pori kalian semakin besar, lho. Penggunaan makeup yang berlebihan justru akan semakin menyumbat pori-pori dan memperparah kompleksi kulit.

Perlu kalian ketahui adalah kandungan mica atau talc pada kosmetik akan terperangkap dan mengendap di dalam pori-pori, sehingga semakin membuatnya tampak membesar. Maka dari itu, cukup gunakan makeup tipis setiap hari.

Jika kalian membutuhkan makeup tebal, gunakan primer sebelum foundation. Primer nantinya akan membentuk lapisan tipis yang mencegah riasan langsung mengenai wajah.

2. Tidak Membersihkan Wajah dengan Baik


Tidak Membersihkan Wajah dengan Baik

Kesalahan yang paling fatal dilakukan yang dapat membuat pori-pori membesar adalah tidak membersihkan wajah setelah menggunakan makeup. Kotoran seperti debu dan makeup akan menyumbat pori-pori. Hal ini dapat menyebabkan pori-pori membesar. Semakin sering kalian tidak membersihkan makeup, semakin besar pula pori-pori wajah kalian.

Nah, agar terhindari dari masalah ini, kalian dapat melakukan double cleansing pagi dan malam hari. Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan milk cleanser atau micellar water, kemudian lanjutkan dengan facial wash sesuai dengan kebutuhan kalian. Dengan metode ini, kulit akan lebih bersih dan kotoran dalam pori-pori juga terangkat.

3. Jarang Eksfoliasi Kulit Wajah


Jarang Eksfoliasi Kulit Wajah

Selain membersihkan wajah secara rutin, eksfoliasi juga penting untuk dilakukan. Pori-pori yang tersumbat ukurannya semakin membesar. Jika eksfoliasi jarang dilakukan, maka tidak akan ada perubahan yang terjadi. Eksfoliasi nantinya akan menghilangkan sel-sel kulit mati yang menumpuk.

Eksfoliasi sendiri tak perlu dilakukan setiap hari, cukup dua kali dalam seminggu. Kalian sebaiknya memiliki eksfoliator yang mengandung BHA yang tidak hanya mengangkat sel-sel kulit mati, namun juga masuk ke dalam lapisan kulit untuk membersihkan pori-pori.

4. Jarang Menggunakan Sunblock


Jarang Menggunakan Sunblock

Apa kalian satu dari banyak orang yang menyepelekan penggunaan sunblock alias tabir surya? Melewatkan penggunaan tabir surya sama saja membuat kulit kalian dalam bahaya. Seperti diketahui melebihi pukul 9 atau 10 pagi, sinar matahari berbahaya bagi kulit.

Sinar UV dapat memperlemah kolagen yang mampu menjaga kekencangan pori-pori. Maka dari itu, jika tidak ingin pori-pori membesar, gunakan tabir surya setiap hari sebelum beraktivitas di luar ruangan. Tabir surya sebaiknya digunakan sekitar 15 hingga 30 menit sebelum beraktivitas.

5. Sering Mencetin Komedo Tanpa Ahli


Sering Mencetin Komedo Tanpa Ahli

Doyan mencetin komedo? Memencet komedo keluar dari pori-pori tidak membuatnya mengecil atau membersihkannya. Tindakan tersebut malah akan membuat pori-pori jadi terlihat besar lantaran terisi lagi oleh kotoran dan bakteri. Parahnya, wajah bisa saja iritasi dan terluka. Pori-pori bukannya mengecil, namun kalian mendapatkan bekas luka.

6. Terlalu Sering Facial Tidak Baik


Terlalu Sering Facial Tidak Baik

Mengeluarkan komedo dari pori-pori memang butuh bantuan ahli, seperti saat facial. Namun, hal ini juga tidak baik dilakukan terlalu sering. Selain itu, para terapis sebaiknya hanya membersihkan bagian yang tersumbat saja bukan seluruh pori-pori.

Jika pori-pori yang tidak bermasalah juga diekstrasi, bisa jadi akan membesar permanen. Trauma pada pori-pori akibat pemencetan alat atau tangan dapat memperbesar dan memperdalam pori-pori. Jadi, tetap hati-hati, ya.

7. Sering Konsumsi Makanan Berminyak


Sering Konsumsi Makanan Berminyak

Penggemar makanan yang berminyak dan berlemak seperti susu, mentega atau gorengan perlu hati-hati. Jenis makanan tersebut akan membuat wajah lebih mudah berminyak. Minyak memang berguna untuk membuat wajah lembap, namun tidak jika minyak diproduksi berlebihan.

Minyak wajah yang terlalu banyak ditambah dengan sel-sel kulit mati yang menumpuk dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Minyak juga tidak bisa keluar secara alami yang berakibat pada pembengkakan ukuran pori-pori.

8. Wajah Kering Karena Terlalu Sering Pakai Sabun Wajah


Wajah Kering Karena Terlalu Sering Pakai Sabun Wajah

Membersihkan wajah dengan sabun memang sangat penting. Sabun wajah akan menghilangkan minyak berlebih pada kulit. Namun, jika terlalu sering menggunakannya, kulit wajah bisa menjadi kering.

Kulit yang kering justru membuat pori-pori lebih rentan terlihat besar karena minyak alaminya hilang. Simak cara untuk mengembalikan kelembapan wajah dengan buah-buahan alami, di sini.

9. Jarang Menggunakan Pelembap


Jarang Menggunakan Pelembap

Pelembap wajah merupakan produk yang paling penting dalam skincare. Meskipun wajah kalian tipe yang berminyak, pelembap diperlukan untuk membuat produksi minyak berkurang, lho. Pelembap tentunya juga berimbas pada pengecilan pori-pori.

Simak cara menyamarkan pori-pori dengan berbagai trik makeup di sini. Tren kecantikan dengan kompres es batu juga dapat mengatasi pori-pori, lho. Simak di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait