CCTV di Surabaya Akan Dipasang Pengeras Suara, Tegur Langsung Pengendara yang Melanggar
Nasional

Beberapa titik ini menjadi sasaran pemasangan pengeras suara di kamera CCTV yang terhubung langsung dengan Surabaya Intellegent Transport System.

WowKeren - Siap-siap bagi para pengendara di Surabaya, jika melanggar lalu lintas, Anda akan diekspos menggunakan pengeras suara. Pasalnya, Pemerintah Kota Surabaya tengah getol memasang pengeras suara di beberapa titik kamera CCTV yang terpasang di beberapa lampu lalu lintas.

Pemkot Surabaya nantinya akan memasang pengeras suara di beberapa titik CCTV yang ada di Surabaya. Pengeras suara ini terhubungan dengan ruang kendali Surabaya Intellegent Transport System (SITS). Tujuannya adalah untuk memperingatkan langsung siapa saja pengendara yang melakukan pelanggaran.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya, Irvan Wahyudrajat, menjelaskan jika pemasangan pengeras suara ini sudah dilakukan sejak tahun 2013 lalu. Sebanyak 20 titik tercatat sudah memiliki pengeras suara disamping kamera CCTV.

"Jadi sebenarnya mulai tahun 2013 kita sudah memasang di 20 titik untuk voice," terang Irvan seperti dilansir Detik pada Rabu (6/3). "Terutama di simpang-simpang yang padat atau rawan pelanggaran, yang langsung terhubung dengan SITS."


Pemasangan pengeras suara di CCTV ini juga sudah dilakukan atas koordinasi dengan pihak kepolisian. Beberapa titik di Surabaya seperti di depan Cito Mall, Royal Plaza, Tunjungan Plaza dan Surabaya Plaza hingga di Jalan Genteng Besar menjadi targetnya.

"Tahun ini kita garap yang banyak pelanggaran di rambu-rambu larangan, melawan arus, itu menjadi atensi bu wali untuk e-tilang tahun ini," sambung Irvan. "Tahun ini kita rencanakan 25 titik untuk kamera yang sekaligus ada sistem face recognition dan juga e-tilang, kemudian sekaligus juga voice."

Di sisi lain, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini juga tengah merencanakan pembangunan alun-alun kota yang canggih. Rencananya, alun-alun tersebut akan menghubungkan kompleks Balai Pemuda dengan Jalan Yos Sudarso melalui persimpangan Jalan Pemuda. Menariknya, alun-alun tersebut nantinya akan dilengkapi dengan basement bawah tanah dengan eskalator dan juga lift.

Risma menjelaskan bahwa desain alun-alun dibuat berbeda untuk sisi yang ada di sebelah barat maupun timur. Di sisi sebelah timur, nantinya akan dibangun Plaza, panggung hiburan, serta tempat duduk penonton untuk melihat pertunjukan seni.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait