Beda dengan Tiongkok, Kanada Beber Alasan Tak Setop Gunakan Pesawat Boeing 737 MAX 8
globalnews.ca
Dunia

Menyusul jatuhnya Ethiopian Airlines, sejumlah negara tegaskan larang penggunaan pesawat jenis Boeing 737 MAX 8 termasuk Tiongkok.

WowKeren - Peristiwa jatuhnya pesawata Ethiopian Airlines pada Minggu (10/3) kemarin turut mengundang perhatian dunia. Diketahui, penerbangan dengan tujuan Nairobi, Kenya tersebut menggunakan pesawat jenis Boeing 737 MAX 8. Jenis pesawat yang sama dengan yang dipakai Lion Air PK-LQP dan jatuh pada 29 Oktober 2018 lalu.

Menyusul kecelakaan yang menewaskan seluruh penumpangnya itu, beberapa negara memasang aturan untuk melarang pesawat jenis tersebut terbang. Salah satunya adalah Tiongkok dan juga Indonesia.

Pemerintah Tiongkok menginstruksikan seluruh maskapai agar berhenti mengoperasikan Boeing 737 MAX 8. Di Tiongkok sendiri ada 96 armada ini yang dioperasikan oleh sejumlah maskapai.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan di Indonesia sudah mengeluarkan aturan soal Boeing 737 MAX 8 ini. Larangan terbang sementara diterapkan di Indonesia untuk maskapai yang menggunakan pesawat dengan jenis Boeing 737 MAX 8.


Kendati demikian, negara Kanada mengeluarkan pernyataan yang berbeda. Negara tersebut tetap mengizinkan maskapai penerbangan menggunakan pesawat dengan jenis Boeing 737 MAX 8. Bukan tanpa alasan, pemerintah Kanada mengaku tak ingin langsung melompat pada kesimpulan akhir.

"Kami bersikap sangat proaktif sekarang," terang Menteri Transportasi Federal Marc Garneau seperti dilansir Global News pada Selasa (12/3). “Saya berhubungan dengan sekretaris transportasi di Amerika Serikat. Rekan-rekan saya di Transport Canada bekerja dengan NTSB dan Otoritas Penerbangan Federal."

Berdasarkan penjelasan Garneau, pesawat masih merupakan transportasi yang paling aman untuk bepergian di Kanada. Oleh karena itu, ia tak lantas memutuskan larangan penggunaan Boeing 737 MAX 8 pada maskapai penerbangan di Kanada. Seperti diketahui, ada tiga maskapai di Kanada yang menggunakan pesawat dengan jenis Boeing 737 MAX 8, yakni Air Canada, Westjet, dan juga Sunwing.

Untuk saat ini, pemerintah Kanada mengaku masih akan menunggu investigas lebih lanjut soal Boeing 737 MAX 8. Untuk itu, mereka memutuskan untuk tak langsung mengandangkan pesawat-pesawat dengan jenis sama yang dipakai oleh beberapa maskapai penerbangan.

Di sisi lain, mulai hari ini (12/3), Kemenhub juga akan melakukan inspeksi. Selama masa inspeksi nantinya, pesawat Boeing 737 MAX 8 yang dimiliki oleh maskapai penerbangan dilarang untuk terbang.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru