Kapolri Sebut Terduga Teroris Abu Hamzah di Sibolga Berafiliasi dengan ISIS
Nasional

Kapolri Tito Karnavian mengungkap bahwa terduga teroris yang ditangkap di Sibolga merupakan bagian dari jaringan yang berafiliasi dengan ISIS.

WowKeren - Ledakan bom dikabarkan terjadi di Sibolga, Sumatera Utara pada Selasa (12/3). Peristiwa ledakan tersebut terjadi kala polisi tengah melakukan pengecekan awal di rumah pelaku terduga teroris.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian pun mengungkap bahwa pelaku terduga teroris yang ditangkap Densus 88 Antiteror di Sibolga dan Lampung merupakan bagian dari jaringan yang berafiliasi dengan ISIS. "Mereka adalah kelompok yang berafiliasi dengan paham-paham ISIS," terang Tito di Pondok Pesantren Al-Kautsar, Medan, Sumatera Utara, dilansir Antara, Selasa (12/3).

Menurut Tito, terduga teroris Husain alias Abu Hamzah sudah dapat diamankan oleh Densus 88 Antiteror di Sibolga. Meski demikian, istri dan anak Abu Hamzah masih bertahan di dalam rumah.

Tito mengaku bahwa pihaknya telah melakukan negosiasi kepada istri terduga teroris tersebut. Ia pun berharap agar istri dan anak Abu Hamzah dapat keluar dengan selamat.

"Saat ini pihak kepolisian masih dalam proses negosiasi dan berdialog dengan istrinya," jelas Tito. "Kita berharap tentunya ini bisa keluar dan terselamatkan dalam keadaan baik-baik saja."


Sebelumnya, Densus 88 Antiteror melakukan negosiasi kepada istri Abu Hamzah bersama tokoh masyarakat setempat. Sementara itu, ledakan yang terjadi di Gang Sekuntum, Sibolga, Sumut tersebut membuat seorang polisi dan warga terluka.

Diketahui, penangkapan Abu Hamzah di Sibolga ini merupakan pengembangan penangkapan terduga teroris R di Lampung pada Sabtu (8/3) lalu. Abu Hamzah sendiri telah ditangkap tim Densus 88 Antiteror pada Selasa sekitar pukul 14.23 WIB.

"Densus sudah menjejaki kelompok ini beberapa waktu lalu. Seorang pelaku sudah ditangkap kemarin di Lampung," terang Kadiv Humas Polri, Irjen M Iqbal, Selasa. "Densus lanjut mengembangkan ke Sibolga untuk menangkap tersangka lain jaringan Lampung tersebut."

Di sisi lain, ledakan tersebut sempat dikaitkan dengan rencana kunjungan Presiden Joko Widodo. Jokowi dikabarkan akan mengunjungi Sibolga pada Minggu (17/3) mendatang.

Terkait kedatangan Jokowi pada akhir pekan ke Sibolga, pihak Istana Negara belum memberikan keterangan. Namun, berdasarkan pernyataan pejabat lokal Sibolga, seperti dilansir Detik, capres petahana tersebut akan berkunjung di akhir pekan ini.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru