Timses Prabowo 'Cermati' Apel Kebangsaan di Semarang yang Pakai APBD Rp 18 Miliar
Nasional

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan menggelar apel akbar kebangsaan bertajuk 'Kita Merah Putih' pada Minggu (17/3) mendatang.

WowKeren - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan menggelar apel akbar kebangsaan pada Minggu (17/3) mendatang. Acara tersebut melibatkan puluhan ribu masyarakat dari berbagai kalangan dan menghadirkan sejumlah tokoh nasional.

Acara bertajuk "Kita Merah Putih" tersebut lantas mendapat banyak sorotan. Pasalnya, biaya yang dikeluarkan mencapai Rp 18 miliar dan dikabarkan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Direktur Materi Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Sudirman Said, lantas memberikan komentarnya. Said berharap apel kebangsaan tersebut nantinya tidak disusupi unsur kampanye paslon tertentu.

"Silahkan nanti dicek," tutur Said di Posko Pemenangan Prabowo Sandi Semarang, Kamis (14/3). "Kalau itu datang dari APBD kemudian digunakan untuk kampanye salah satu paslon, berarti pelanggaran netralitas."

Said menjelaskan bahwa pihaknya berharap apel kebangsaan tersebut bisa dilakukan sesuai aturan saja. Tanpa menyatakan kecurigaannya, ia meminta agar acara yang mengumpulkan banyak orang di hari libur tersebut dicermati.


"Apel Minggu, kita tentu belum tahu apa yang akan terjadi," jelas Said. "Tetapi, pengerahan ASN, maupun perangkat-perangkat pemerintahan di hari-hari terakhir pemilu itu mesti dilihat dengan cermat."

Sebelumnya, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jateng, Achmad Rofai, telah menjelaskan tujuan acara tersebut. Apel kebangsaan yang pertama kali dihelat oleh Pemprov Jateng tersebut bertujuan untuk menggelorakan nasionalisme pada masyarakat.

Sehingga, acara tersebut tidak ada kaitannya dengan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sendiri akan diundang untuk mengawasi secara langsung.

"Tidak ada atribut yang berkaitan dengan pilpres atau pileg, yang ada hanya merah putih. Semua nanti pakai ikat kepala merah putih," jelas Rofai dalam jumpa pers Apel Kebangsaan, Senin (11/3) lalu. "Ini hanya kebetulan saja pelaksanaannya mendekati pemilu, tapi tidak ada kaitannya."

Sejumlah tokoh nasional yang diundang dalam Apel Kebangsaan ini adalah Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, KH. Maimun Zubair, hingga mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD. Tak hanya itu, sejumlah selebriti nasional seperti Slank, Nella Kharisma, hingga Cak Lontong, juga akan menghibur dalam acara tersebut.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait