Rocky Gerung Kaget Lihat Ma'ruf Amin di Debat Cawapres, Puji Lebih Pede Daripada Sandiaga
Nasional
Debat Cawapres 2019

Rocky juga menyebut bahwa debat kali ini tidak membosankan apabila dibanding dengan dua debat sebelumnya.

WowKeren - Penampilan Calon Wakil Presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin dalam debat Cawapres ternyata mengundang banyak perhatian positif. Pengamat politik Rocky Gerung misalnya, menilai Ma'ruf lebih percaya diri dibanding Sandiaga Uno dalam ajang debat tersebut.

Menurut Rocky, masayarakat tidak menduga penampilan Ma'ruf dalam debat yang diselenggarakan pada Minggu (17/3) tersebut. Pasalnya, Ma'ruf dinilai lebih tenang dibanding penampilan pertamanya dalam debat Capres-Cawapres pada 17 Januari 2019 lalu.


"Kiai Ma'ruf lebih percaya diri daripada Sandi," ujar Rocky dilansir CNN Indonesia, Minggu. "Masyarakat tidak menduga Kiai Ma'ruf bisa tenang, lengkap ungkapannya. Iya surprise (dibanding dengan debat sebelumnya)."

Oleh sebab itu, Rocky menyebut bahwa debat kali ini tidak membosankan apabila dibanding dengan dua debat sebelumnya. "Saya katakan bahwa Kiai Ma'ruf lebih paham dengan Pak Jokowi," tutur Rocky.

Meski memuji kepercayaan diri Ma'ruf, Rocky menilai penampilan Cawapres nomor urut 01 tersebut sempat menurun di akhir debat. Sementara, Sandi mulai menunjukkan pengetahuan dan pengalamannya untuk memanaskan debat. "Di depan kamera, Sandi lebih unggul secara substansi," jelas Rocky.

Hal senada juga sempat disampaikan oleh pengamat politikus dari Charta Politika, Yunarto Wijaya. Menurut Yunarto, efek kejut yang dimiliki oleh Ma'ruf membuatnya tampil lebih unggul dalam debat Cawapres.

"Yang lebih memiliki efek kejut itu Kiai Ma'ruf, karena memang ekspektasi yang tidak terlalu tinggi kepada Kiai Ma'ruf, tetapi artikulatif sekali," jelas Yunarto. "Jauh berbeda seperti apa yang ditampilkan di debat pertama."

Di sisi lain, politikus Golkar, Nusron Wahid, menilai bahwa penampilan apik Ma'ruf dalam debat tak lepas dari latar belakangnya sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia. Pasalnya, Ma'ruf sering berdebat sebelum mengeluarkan sebuah fatwa.

Ia juga menilai bahwa penampilan Ma'ruf pada debat kali ini di luar dugaan. Pasalnya, Sandiaga dinilai belum tentu menguasai ilmu tentang hukum Islam, namun Ma'ruf mampu menunjukkan pengetahuan luasnya dengan istilah-istilah yang ia lontarkan, seperti 10 Years Challenge.

"Latar belakang Ma'ruf penuh perdebatan, 30 tahun aktif di fatwa ulama," jelas Nusron. "Mengejutkan di luar ekspektasi, tapi saya tidak kaget."

You can share this post!

Related Posts
Loading...