Presiden Korsel Minta Penyelidikan Menyeluruh untuk Kasus Jang Ja Yeon dan Burning Sun
Twitter/moonriver365
Selebriti

Presiden Moon Jae In menerima laporan terkait kasus Jang Ja Yeon, mantan Wakil Menteri Kementerian Kehakiman Kim Hak Eui, dan kelab malam Burning Sun.

WowKeren - Hari ini, Senin (18/3), Presiden Korea Selatan Moon Jae In menerima laporan terkait kasus-kasus tentang mendiang aktris Jang Ja Yeon, mantan Wakil Menteri Kementerian Kehakiman Kim Hak Eui, dan kelab malam Burning Sun. Presiden menanggapi dengan memerintahkan penyelidikan menyeluruh untuk dilakukan pada ketiga kasus.

"Ada kasus-kasus yang menunjukkan kecurigaan yang sangat kuat di mata warga kita, tetapi kebenaran belum lama ditemukan, dan (kebenaran untuk) beberapa dari mereka bahkan disembunyikan," ujar Presiden Moon Jae In.

Presiden mengakui fakta bahwa semua kasus terjadi di dalam kalangan yang diistimewakan (pejabat dan selebriti ) dan ada kecurigaan bahwa organisasi investigasi seperti jaksa dan polisi sengaja melakukan penyelidikan lemah untuk melindungi para tersangka dan menyembunyikan kebenaran di masa lalu.

Mengenai tuduhan perwira tinggi menggunakan kekuatan mereka untuk melindungi para tersangka dalam berbagai kasus, presiden mengatakan, "Kasus-kasus ini mungkin telah terjadi di masa lalu, tetapi perlu diingat bahwa mengungkap kebenaran dan mengungkap fakta yang memalukan (tentang diri mereka sendiri) agar dapat lahir kembali sebagai agen investigasi yang dapat dipercaya adalah misi yang perlu dilakukan dengan tanggung jawab oleh para jaksa pemimpin dan polisi saat ini."


Presiden juga menyebutkan kasus-kasus terkait kelab malam di Distrik Gangnam. Presiden menyerukan agar dilakukan penyelidikan menyeluruh terhadap tuduhan pemilik klub menggunakan metode ilegal seperti memberikan obat-obatan dan bantuan seksual kepada pelanggan mereka serta menerima perlakuan khusus dari organisasi yang berwenang.

Presiden melanjutkan dengan mengatakan bahwa sementara kasus-kasus khusus ini terjadi dalam pemerintahan sebelumnya, ada kemungkinan bahwa kejahatan dengan pola yang sama mungkin telah terjadi selama pemerintahan saat ini. Oleh karena itu, ia menyebutkan perlunya penyelidikan menyeluruh yang menghukum semua orang tanpa memandang kedudukan sosial mereka.

"Poin utama adalah menemukan kebenaran nyata di balik kasus-kasus dan kecurigaan perlakuan khusus yang diberikan oleh organisasi investigasi seperti kejaksaan, polisi, dan Layanan Pajak Nasional," ujar Presiden Moon. "Orang-orang kuat yang punya koneksi mampu menyembunyikan kebenaran dan punya kebebasan melakukan kegiatan ilegal yang mereka lakukan, sementara warga tak berdaya yang menjadi korban harus gemetar ketakutan tanpa perlindungan hukum."

"Saya menekankan sekali lagi bahwa jika kita tidak dapat meluruskan (kebenaran), kita tidak akan pernah dapat berbicara tentang masyarakat yang benar. Saya meminta Menteri Kehakiman dan Menteri Keamanan Nasional bertanggung jawab untuk mengungkap kebenaran dan mengklarifikasi masing-masing dan setiap kecurigaan yang timbul tentang berbagai kasus," pungkasnya.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel