Jasadnya Ditemukan Utuh Usai 31 Tahun Terkubur, Ini Alasan Makam Kiai NU di Blitar Dipindah
Nasional

Anak hingga pengasuh ponpes memberikan kesaksian mengenai jasad Kiai Anwar di Blitar yang masih 90 persen utuh usai 31 tahun terkubur.

WowKeren - Sebuah jasad yang ditemukan masih utuh usai 31 tahun terkubur menjadi viral di media sosial. Banyak orang mengaku terkejut dengan kondisi jasad yang ada di Gandusari, Blitar, Jawa Timur itu.

Setelah ramai di media sosial, jasad tersebut diketahui merupakan seorang ulama Nadhatul Ulama (NU) bernama Mbah Kiai Anwar Sudibyo. Setelah digali, masyarakat dibuat kaget lantaran jasad Kiai Anwar masih utuh usai dikebumikan pada tahun 1988 yang lalu.

Alasan makam Kiai Anwar digali kembali usai 31 tahun adalah lantaran akan dipindahkan ke makam keluarga. Selain itu, keputusan pemindahan tersebut adalah untuk mendekatkan makam Kiai Anwar dengan sang istri.

"Jadi nyai (istri Kiai Anwar) meninggal sekitar 100 hari lalu dan dimakamkan di Masjid Tambakan. Pihak keluarga lalu berniat memindahkan makam pak kiai jadi satu komplek sama istrinya," ujar anggota Banser Kabupaten Blitar, Muta Bi'in, seperti dilansir TribunNews pada Rabu (20/3). "Pindah makam biasa, cuma yang bikin kaget pas diangkat jasadnya masih 90 persen utuh. Mulai dari jari, kepala hingga ujung kaki masih utuh tersambung padahal sudah dikubur 31 tahun, Subhanalloh."


Menjadi bahasan hangat, sosok Kiai Anwar sendiri dikenal sebagai santri pertama di Ponpes Asrama Perguruan Islam Salawiyah (APIS) Gondang, Gandusari. Ia juga disebut sebagai salah satu pendiri Ponpes APIS. "Abah itu termasuk salah satu pendiri ponpes Apis Sanan Gondang bersama Kyai Jamhuri. Menurut cerita tahun 1923," terang putra Kiai Anwar, Moch Munib dilansir Detik.

Semasa hidupnya, Kiai Anwar aktif di berbagai organisasi. "Selain pernah sebagai Rais Syuriah PCNU, abah juga Ketua Tarekat Muttabar Amadiyah dan tokoh Tarekat Kodiriah wa Nasyabandiyah Blitar," imbuh Moch Munib.

Kondisi jasad Kiai Anwar ini sebelumnya juga cukup mengejutkan pihak Ponpes. Mereka mengatakan jika jasad Kiai Anwar masih utuh hingga 90 persen.

"Menyaksikan langsung belum pernah. Tapi saya sudah sering mendengar cerita jenazah atau santri di sini yang khusnul khotimah," terang pengasuh Ponpes Apis Sanan Gondang, Moch Subhan Anshori. "Ada yang jasadnya utuh, ada yang menyebarkan aroma wangi. Semoga saja kita nantinya akan seperti itu juga. Aamiin."

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru