Tak Lolos SNMPTN? Yuk Segera Daftar UTBK Sebagai Syarat SBMPTN 2019
Nasional

Ketahui lebih banyak terkait UTBK 2019, mulai dari langkah pendaftaran, biaya, jadwal tes hingga jenis tes di sini.

WowKeren - Pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 sudah dapat diakses di lama resmi https://pengumuman.snmptn.ac.id/ pada Jumat (22/3) ini sejak pukul 13.00 WIB. Jadwal pengumuman ini dimajukan sehari dari tanggal 23 Maret agar proses seleksi jalur SNMPTN dapat diselesaikan lebih cepat.

Selain itu, hal ini bersangkutan dengan pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Gelombang 1 yang akan ditutup pada Minggu (24/3) mendatang, sementara Gelombang II mulai 25 Maret hingga 1 April 2019. UTBK sendiri diperlukan sebagai syarat bagi siswa yang ingin mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2019.


Nah, buat kalian yang belum beruntung lolos di SNMPTN, sebaiknya segera mempersiapkan diri dan persyaratan untuk mendaftar UTBK. Perlu kalian tahu bahwa siswa yang diterima melalui jalur SNMPTN 2019 tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2019 lagi.

Sebelum mendaftar, ketahui lebih banyak terkait UTBK di bawah ini. Mulai dari langkah-langkah pendaftaran, biaya, jadwal hingga jenis tes yang akan diujikan.

(wk/nris)

1. Langkah Pendaftaran UTBK 2019


Langkah Pendaftaran UTBK 2019

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah mendaftar melalui laman https://pendaftaran-utbk-1.ltmpt.ac.id/ menggunakan NISN dan NPSN untuk mendapatkan usernamer dan password. Setelah mendapatkan akun, unggah pas foto berwarna paling terbaru, mengisi data, memilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran.

Usai mendaftar, peserta harus membayar biaya UTBK di bank mitra. Kemudian melakukan login ke akun UTBK untuk mencetak kartu peserta.

2. Biaya dan Cara Pembayaran UTBK 2019


Biaya dan Cara Pembayaran UTBK 2019

Peserta yang akan mengikuti UTBK wajib membayar biaya sebesar Rp 200.000 setiap mengikuti tes. Biaya tersebut dapat kalian bayarkan melalui Bank Mandiri, Bank BNI atau Bank BTN. Khusus bagi peserta Bidikmisi yang lolos persyaratan tidak dipungut biaya.

Pembayaran harus dilakukan sesegera mungkin, yakni 1 x 24 jam setelah melakukan permanen pilihan. Pembayaran enggak harus dilakukan melalui cabang bank terdekat, kok. Kalian dapat memanfaatkan fasilitas internet atau mobile banking setiap bank.

3. Jadwal Pelaksanaan UTBK 2019


Jadwal Pelaksanaan UTBK 2019

UTBK 2019 Gelombang I akan dilaksanakan pada 13 April hingga 4 Mei 2019 setiap Sabtu dan Minggu. Kemudian Gelombang II pada 11 Mei hingga 26 Mei 2019.

Pelaksanaan UTBK dilakukan dalam dua sesi setiap harinya, yakni pagi dan siang. Untuk sesi pagi, peserta mulai tahap masuk ruang ujian pukul 07.30 kemudian menjalani tes hingga 11.45. Pada sesi siang, peserta memasuki ruang ujian pukul 12.30 hingga 16.45.

4. Jenis Tes UTBK 2019


Jenis Tes UTBK 2019

Kalian pasti bertanya-tanya mengapa UTBK dilaksanakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal tersebut lantaran jenis tes terbagi menjadi dua, yakni Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta ujian.

Kelompok ujian pada UTBK juga terbagi menjadi dua. Kelompok pertama adalah Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi). Kedua, kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum (Matematika Soshum, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi).

5. Persyaratan SBMPTN 2019


Persyaratan SBMPTN 2019

Nah, setelah melaksanakan UTBK 2019, nilai ujian tersebut akan kalian gunakan untuk mendaftar SBMPTN 2019. Selain nilai UTBK, peserta harus melengkapi beberapa syarat lainnya yang bisa kalian simak di sini.

Setelah melengkapi syarat, kalian dapat mendaftar SBMPTN 2019 pada 10 hingga 24 Juni mendatang di laman resmi yang nantinya akan diumumkan. Perlu kalian tahu bahwa nilai UTBK 2019 enggak sepenuhnya menentukan kalian lolos atau tidak SBMPTN, kok. Masih banyak faktor lainnya seperti portofolio dan syarat dari PTN masing-masing.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru