7 Tips Diet Sehat Bagi Penderita Maag, Berat Badan Turun dan Penyakit pun Tak Kambuh
Health

Penderita maag tentu kesulitan untuk menjalani diet lantaran tak boleh telat makan.

WowKeren - Apa ada di antara kalian yang menderita maag? Penyakit ini merupakan kondisi di mana lambung terasa nyari dan panas akibat asam lambung naik, luka pada lambung, infeksi bakteri Helicobacter pylori, efek samping penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), dan stres.

Penderita maag tentu kesulitan untuk menjalani diet. Pasalnya saat diet, pola makan seseorang akan berubah bahkan berkurang. Padahal, penderita maag tidak boleh telat makan lantaran akan menyebabkan perut terasa mulas karena asam lambung yang naik.

Namun, hal tersebut enggak berarti penderita maag tidak dapat melakukan diet. Kalian hanya perlu mengaturnya sedemikian rupa agar tidak membuat perut sakit. Mau tahu apa saja? Ayo simak di sini.

(wk/nris)

1. Pilihan Makanan yang Tepat untuk Penderita Maag


Pilihan Makanan yang Tepat untuk Penderita Maag

Jika kalian ingin diet, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih makanan yang tepat. Kalian harus memilih makanan yang mengandung kalori rendah dan lemak, namun tinggi protein. Sebut saja ikan, daging ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa gajih serta telur ayam bagian putih dapat kalian konsumsi saat diet.

Selain itu, penderita maag harus memperhatikan asupan karbohidrat. Asupan karbohidrat yang terlalu banyak akan menyebabkan berat badan cepat naik dan juga memperparah gejala asam lambung. Maka dari itu, kalian dapat mengganti asupan karbohidrat dengan yang memiliki serat tinggi seperti nasi merah. Kalian juga dapat menggantinya dengan buah-buahan segar, kacang-kacangan dan biji-bijian.

2. Jangan Konsumsi Makanan Pemicu Maag seperti Makanan Pedas


Jangan Konsumsi Makanan Pemicu Maag seperti Makanan Pedas

Nah, saat diet, penderita maag wajib menghindari beberapa makanan yang dapat memicu munculnya penyakit tersebut. Salah satunya adalah makanan pedas. Kondisi lambung bisa lebih parah dan akan sulit untuk disembuhkan.

Selain makanan pedas, kalian juga harus menghindari makanan kadar lemak tinggi, cokelat, krim kue, keju, makanan beraroma kuat dan masih banyak lagi. Jadi, konsumsi makanan yang sehat, ya.

3. Konsumsi Makanan yang Mudah Dicerna


Konsumsi Makanan yang Mudah Dicerna

Perlu kalian tahu bahwa makanan yang sulit dicerna akan membuat kondisi lambung semakin parah. Makanan yang keras akan membuat lambung untuk bekerja lebih keras lagi dan membuat lambung tidak bekerja secara optimal. Kalian dapat menyiapkan menu makanan yang lembut seperti bubur, jus, buah, sayuran dan lainnya.

4. Atur Porsi Makan untuk Diet


Atur Porsi Makan untuk Diet

Selain pilihan makanan, kalian juga harus mengatur porsinya. Jangan memotong langsung porsi makan secara ekstrem. Kalian dapat menguranginya sedikit demi sedikit agar lambung tidak "syok".

Selain itu, buat yang mengonsumsi makanan 3 kali sehari dalam porsi besar, kalian sebaiknya mengubah pola makan tersebut. Sebaiknya bagi porsi makan tersebut menjadi 5 hingga 6 kali namun dalam porsi kecil. Makan dalam jumlah kecil namun sering akan membuat kalian lebih mudah mengendalikan berat badan.

5. Jauhi Asap Rokok


Jauhi Asap Rokok

Merokok merupakan kebiasaan yang tidak baik bagi semua orang, apalagi kalian yang menderita maag. Kebiasaan merokok dapat memicu rasa perih pada perut, lho.

Asap rokok mengandung segudang zat berbahaya yang dapat membuat sirkulasi oksigen pada tubuh terganggu. Akibatnya, peningkatan asam lambung akan terganggu pula.Rasa nyeri akan datang secara tiba-tiba sebab perut kalian sedang kosong karena diet.

6. Jangan Lupa Olahraga


Jangan Lupa Olahraga

Perlu kalian tahu bahwa salah satu cara untuk mengurangi asam lambung adalah dengan berolahraga. Asam lambung tersebut akan dibuang bersama keringat menjadi uap. Nah, cara ini tentu cocok banget buat kalian yang menderita maag, kan. Asam lambung berkurang, berikut juga berat badan.

Namun, lakukan olahraga ringan saja, ya. Olahraga berat bisa saja membuat tubuh kehabisan cadangan energi dan air. Ingat, kalian sedang melakukan diet.

7. Perhatikan Jadwal Tidur


Perhatikan Jadwal Tidur

Saat melakukan diet, kalian juga harus memperhatikan pola tidur. Pasalnya, bagi penderita maag, lambung akan sangat sensitif dan mudah sekali lapar. Jika kalian tidak menjaga jam tidur di malam hari, maka rasa lapar tidak dapat ditahan. Tidur yang cukup selama 7-8 jam dalam sehari agar proses menurunkan berat badan bisa jalan tanpa perlu membuat maag kambuh.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru