Berlaku Mulai 1 April, Lima Kartu Uang Elektronik Ini Bisa Dipakai Naik MRT
Nasional

Kelima kartu tersebut bisa digunakan saat MRT mulai beroperasi pertama kali secara komersil.

WowKeren - Presiden Joko Widodo alias Jokowi akhirnya meresmikan operasi Moda Raya Terpadu (MRT) fase I rute Lebak Bulus-Bundaran HI. Peresmian tersebut dilakukan pada Minggu (24/3) di kawasan Bundaran HI.

"Dengan mengucapkan bismillahirahmanirahim, MRT fase pertama saya nyatakan dioperasikan," kata Jokowi di Jakarta Pusat, Minggu (24/3). "Sekaligus MRT fase II hari ini kita mulai lagi."


Dalam peresmian itu, hadir pula Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sejumlah menteri juga turut meramaikan peresmian tersebut seperti Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri Keuangan Sri Mulyani, hingga Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti.

Nantinya, penumpang akan semakin dimudahkan dengan metode pembayaran yang lebih praktis. Yakni dengan menggunakan uang elektronik yang dikeluarkan oleh bank.

Direktur PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan saat ini pihaknya sudah menggandeng lima bank untuk bekerja sama. Kelima bank tersebut adalah BRI, Mandiri, BCA, BNI, dan Bank DKI.

"Ada lima bank yang sudah bekerja sama," kata William di Bundaran HI, Senin (25/3). "Yaitu BRI, BNI, Mandiri, dan BCA plus Bank DKI."

Lima kartu tersebut, bisa langsung digunakan sejak MRT mulai beroperasi secara komersial pertama kali, yakni pada Senin (1/4) mendatang. "Itu semua bisa dipakai pada saat operasi komersial dimulai," lanjut William.

Diketahui, meski sudah diresmikan oleh Jokowi namun MRT masih belum dioperasikan secara komersil. Hal ini disebabkan karena tarif MRT sendiri masih belum ditetapkan. Untuk itu, pihak MRT memberikan kesempatan pada publik untuk menjajal moda transportasi yang satu ini secara gratis.

Untuk bisa mencoba layanan MRT, publik harus mendaftarkan diri terlebih dahulu secara online. Meski pihak MRT sempat memberlakukan sistem registrasi manual, namun ternyata justru kurang efektif.

Kehadiran MRT rupanya disambut baik oleh warga. Hal ini dibuktikan dengan antusiasme masyarakat saat peresmian MRT dilakukan. Publik terlihat memadati kawasan Bundaran HI hingga sempat menghambat laju bus Transjakarta yang melintas kala itu. "Bapak-bapak dan ibu-ibu tolong busnya dikasih jalan ya," kata pembawa acara peresmian MRT Jakarta, Minggu (24/3).

You can share this post!

Related Posts
Loading...