3 Ritual Ini Disebut Mahfud MD Dilakukan Politisi Korup Usai Ditangkap KPK, Apa itu?
Instagram/mohmahfudmd
Nasional

Mahfud MD mengkaitkan ritual-ritual ini dengan apa yang terjadi pada kasus korupsi mantan Ketum PPP, Romahurmuziy.

WowKeren - Maraknya Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada sejumlah politisi belakangan menarik perhatian masyarakat. Terbaru ada Romahurmuziy alias Rommy yang ditangkap karena OTT KPK pada 15 Maret lalu. Rommy yang sudah dicopot dari jabatannya sebagai Ketum PPP itu diduga menerima suap jual beli jabatan di Kementerian Agama.

Sementara itu, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD, membeberkan tiga ritual yang dilakukan politisi korup usai ditangkap KPK. Tiga ritual ini disebut Mahfud juga dilakukan Rommy usai resmi ditetapkan tersangka oleh KPK.

"Ritualitas orang ditangkap itu ada tiga, pertama bilang 'Wah saya dijebak', padahal tidak mungkin orang dijebak dengan OTT karena OTT itu kan pasti dibuntuti sudah lama," terang Mahfud MD di Gedung KPK, Jakarta Selatan pada Senin (25/3) kemarin. "Dia (Rommy) sendiri yang mengatur pertemuannya. Itu ritualitas pertama."


Setelah mengaku dijebak, ritual kedua disebut Mahfud MD, yakni memberikan pernyataan bahwa dirinya adalah korban politik. "Nanti setelah diperiksa ditunjukkan bukti-bukti bahwa ini kamu tanggal sekian bicara begini, janjinya ini, tanggal sekian ganti hp nomor ini, dan seterusnya, baru dia 'oh iya'," jelas Mahfud.

Untuk ritual terakhir, pria asal Madura ini menjelaskan jika politisi yang ditangkap KPK akan mengajukan eksepsi atau nota pembelaan saat persidangan. "Lalu ritual berikutnya (ketiga) kalau sidang nanti kemudian yang pertama itu eksepsi 'saya menolak itu semua', mengajukan eksepsi atas dakwaan JPU," pungkas Mahfud.

Kasus korupsi yang menerpa Rommy ini juga turut menyeret beberapa nama lain. Anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin ini sempat membawa nama Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin hingga Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Di sisi lain, kedatangan Mahfud MD ke Gedung KPK pada Senin (25/3) kemarin menimbulkan tanda tanya. Ia tak memberikan penjelasan maksud kedatangannya ke Gedung KPK itu. Mahfud hanya menyatakan bahwa dirinya ingin minum kopi saja di sana.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait