Bukan Isu Agama, Ini 3 Alasan Undecided Voters Enggan Pilih Jokowi-Ma'ruf
Nasional

Selain enggan memilih Jokowi-Ma'ruf, Charta Politika juga menanyai para undecided voters yang enggan memilih Prabowo-Sandiaga.

WowKeren - Lembaga Survei Charta Politika telah merilis hasil survei mereka. Dalam laporan tersebut, ditunjukkan bahwa tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan Joko Widodo alias Jokowi menurun.

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengatakan bahwa tingkat kepuasan publik terhadap pemerintah mampu mempengaruhi elektabilitas calon petahana. Dalam survei yang dilakukan, Yunarto mengatakan pihaknya juga menanyakan alasan para responden enggan memilih Jokowi-Ma'ruf Amin.


Ada tiga alasan yang membuat undecided voters dan pemilih Prabowo enggan memilih Jokowi-Ma'ruf. Dari ketiga alasan tersebut, ternyata sama sekali tidak ada isu agama yang menjadi penyebabnya.

"Alasan pemilih tidak memilih Jokowi dan Ma'ruf Amin, jadi ini hanya ditanyakan kepada pemilih Prabowo dan undecided voters," kata Yunarto di Kantor Charta Politika, Jakarta, Senin (25/3). "Tiga besarnya menurut saya menarik, ternyata bukan isu agama."

Responden menilai bahwa Jokowi dinilai kurang tegas dan berwibawa dalam bersikap. Selain itu, sejumlah responden mengungkap bahwa masih ada janji-janji yang belum terealisasikan oleh pemerintah.

"Ternyata, satu misalnya berbeda antara ucapan dengan perbuatan atau tidak bisa percaya," jelas Yunarto. "Kedua, tidak menepati janji. Ketiga, kurang tegas atau berwibawa."

Dari ketiga hal itu, alasan Jokowi-Ma'ruf tidak bisa dipercaya menjadi yang dominan, yakni sebanyak 16,5 persen. Sedangkan alasan tidak menepati janji hanya 14 persen dan kurang tegas sebanyak 8,63 persen.

Selain tiga alasan tersebut, responden yang mendukung Prabowo-Sandiaga menilai hasil kerja Jokowi kurang baik. Ada juga yang menyebut bahwa Jokowi adalah antek asing dan tidak berpihak kepada Islam. Di samping itu, tak sedikit pula yang tidak menyukai Parpol koalisi pendukung Paslon 01 maupun meragukan Ma'ruf karena faktor usia.

Sebaliknya, Yunarto juga mengungkap alasan para undecided voters maupun pendukung Jokowi-Ma'ruf tak mendukung Prabowo-Sandiaga. Mereka menilai bahwa Paslon 02 belum berpengalaman dan sebagian responden mengaku belum mengetahui program kerja mereka.

"Jadi kira-kira kalau saya jadi pendukung atau timsesnya Jokowi ngapain ngomongin agamanya Prabowo,' kata Yunarto. "Mendingan fokus ke program kerja Jokowi kalau melihat hasil ini."

You can share this post!

Related Posts
Loading...