Ratna Sarumpaet Sebut Dirinya Cantik Sejak Lahir di Sidang Lanjutan, Ngaku Hanya Sedot Lemak
WowKeren/Fernando
Nasional

Dokter RS Bina Estetika, dr. Sidik Setiamihardja, dihadirkan sebagai saksi dalam sidang lanjutan Ratna pada Selasa (26/3).

WowKeren - Terdakwa kasus hoaks, Ratna Sarumpaet, menegaskan bahwa dirinya tidak menjalani operasi plastik untuk mempercantik diri. Pasalnya, Ratna sudah merasa cantik dari lahir.

"Soal mempercantik diri, saya rasa saya cantik dari lahir," tutur Ratna di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (26/3). "Saya hanya sedot lemak dan facelift, tidak ada potong dagu atau tambah hidung."

Menurut Ratna, pertanyaan-pertanyaan yang ditujukan kepada dokter RS Bina Estetika, dr. Sidik Setiamihardja, selaku saksi selama persidangan dinilai seperti mempersalahkan. Ibunda Atiqah Hasiholan tersebut lantas menegaskan bahwa Sidik tidaklah bersalah.

"Saya hanya ingin mengatakan jangan terkesan dokter Sidik ini disalahkan. Enggak ada yang salah dari apa yang dia lakukan," ujar Ratna. "Saya yang harus minta maaf dengan dokter Sidik. Beliau dokter saya sejak saya umur 65 tahun."

Menanggapi hal tersebut, Hakim Ketua Joni pun menjelaskan bahwa tidak ada pihak yang menyalahkan Sidik dalam persidangan. Baik hakim, jaksa, maupun pengacara hanya mencocokkan keterangan Sidik di berita acara pemeriksaan (BAP) dengan pernyataannya di persidangan.


"Tidak ada yang disalahkan," jelas Joni kepada Ratna. "Tapi perlu keterangan yang diterangkan di penyidik harus sesuai."

Sidik sendiri dicecar pertanyaan seputar prosedur operasi plastik yang dilakukan terhadap Ratna. Salah satunya adalah tujuan Ratna melakukan operasi plastik.

"Sehubungan dengan keinginan terdakwa datang ke saksi untuk memperbaiki kecantikan, adakah terdakwa menyatakan tujuan selain mempercantik diri?" tanya pengacara Ratna pada Sidik. "Pemeriksaan, (Ratna menanyakan) 'Ini bisa dioperasi atau tidak?'" jawab dokter tersebut.

Pengacara Ratna pun lantas menanyakan apakah kliennya memiliki tujuan lain dalam operasi tersebut. Namun Sidik mengaku bahwa Ratna tak bertujuan apa-apa selain melakukan perawatan wajah.

"Sebelum operasi plastik, ada tidak tujuan lain yang disampaikan oleh Bu Ratna?" tanya pengacara lagi. "Tidak ada. Tujuannya hanya untuk memperbaiki supaya mukanya lebih cantik," ungkap Sidik.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait