Debat dengan Guru Besar UI Soal Hoaks-UU Terorisme, Rocky Gerung Diminta Belajar Lagi
Nasional

Video perdebatan panas antara Rocky Gerung dan Rhenald Kasali saat hadir di acara ILC tvOne menjadi pembahasan.

WowKeren - Wacana menjerat penyebar hoaks dengan UU Terorisme awalnya diungkap oleh Menko Polhukam, Wiranto. Sudah geram dengan banyaknya hoaks yang beredar jelang pemilu, pria asal Yogyakarta ini menyebut penebar hoaks layaknya menebar teror psikologis kepada masyarakat.

Wacana Wiranto tersebut diangkat menjadi tema diskusi dalam program televisi "Indonesia Lawyer Club" yang disiarkan di stasiun televisi tvOne. Dalam acara yang dipandu Karni Ilyas itu hadir filsuf dan pengamat politik Rocky Gerung.

Membahas mengenai rencana menjerat pelaku penebar hoaks dengan UU Terorisme, Rocky sempat terlibat debat panas dengan Guru Besar Universitas Indonesia, Rhenald Kasali. Perdebatan panas tersebut membahas mengenai asal mula hoaks hingga pantas atau tidaknya dijerat dengan UU Terorisme.

Acara debat bertajuk "Tepatkah Hoax Dibasmi UU Antiterorisme" itu lantas berlangsung panas. Awalnya, Rocky meminta Rhenald untuk mencermati kembali pendapatnya soal hoaks. Sampai akhirnya, Rhenald justru meminta Rocky untuk belajar kembali soal asal mula hoaks.


Menurut Rocky, adanya hoaks bermula di bidang ilmu pengetahuan yang dikenal dengan nama Skandal Alan Sokal. Ia merupakan seorang profesor fisika yang menulis di majalah ternama Social Text.

Suatu hari, ia mengirimkan tulisan yang ternyata bohong semata dengan nama samaran. Namun, karena redaktur menganggap tulisannya bagus, Alan Sokal justru mendapatkan pujian. Tulisan itu dikirimkan Alan memang bertujuan untuk menguji sang redaktur.

"Jadi fungsi dari hoaks Alan Sokal itu untuk menguji apakah redaktur dari majalah yang bergengsi itu punya otak atau enggak. Ternyata hal yang sama," terang Rocky. Pernyataannya itu lantas dibantah oleh Rhenald.

"Saya kira referensi itu tidak cukup hanya membaca satu. Anda harus banyak membaca," tegas Rhenald. "Anda harus baca banyak buku, Anda harus baca referensi. Dengan referensi tunggal itu lah jadinya seperti ini."

Keduanya lantas terlibat perdebatan yang cukup sengit. Salah satunya membahas mengenai dari mana asal usul munculnya kejadian hoaks ini.

(wk/silm)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru