Sunmi Dikritik Gara-Gara Sebut BTS Buka Jalan Kesuksesan K-Pop di Dunia
Billboard
Selebriti

Sunmi menyebut BTS alih-alih Wonder Girls sebagai grup pembuka jalan kesuksesan K-Pop di Amerika dan dunia. Ucapannya itu memicu beragam komentar dari fans.

WowKeren - Sunmi melakukan wawancara eksklusif dengan Billboard di tengah konser tur dunianya yang bertajuk "Warning". Ia membahas tentang awal karirnya bersama Wonder Girls di mana tur dunia mereka sukses pada 2010.

Dalam wawancara, Wonder Girls disebut membuka jalan kesuksesan K-Pop di dunia. Namun Sunmi rupanya tidak setuju. Penyanyi kelahiran 1992 itu menyebut Bangtan Boys (BTS) lah yang membuat musik K-Pop lebih diakui di dunia.

Komentar Sunmi tentang BTS rupanya memicu perdebatan di kalangan fans K-Pop. Banyak yang tidak setuju dengan ucapan Sunmi. Mereka menyebut grup-grup K-Pop generasi kedua seperti Super Junior, TVXQ, Girls' Generation dan yang lain lah yang membuka jalan K-Pop di negara-negara barat dan dunia.

"Inilah kenapa BoA tetap menjadi solois superior dan terpopuler di Korea Selatan. Kurasa Sunmi tidak paham apa maksud dari kata 'dasar'. Dia, Wonder Girls, BoA, Psy, SNSD dan yang lain membantu K-Pop menjadi dikenal di Amerika Serikat. Popularitas mereka membuat K-Pop masuk Billboard. Mereka membangun dasar kesuksesan BTS dan Black Pink di sini," komentar penggemar Amerika.


Sunmi Dikritik

Source: Koreaboo

Namun beberapa penggemar lain justru mendukung Sunmi dan pandangannya tentang popularitas K-Pop di dunia. "Sunmi sudah berada di industri ini sejak 15 tahun. Dia lulusan drama, jago berbahasa Inggris dan aktif di Twitter. Adalah penghinaan memberitahunya bagaimana industri ini bekerja dan bertindak seolah dia tidak mengerti pertanyaan yang diajukan padanya. Tolong hormati dia," bela penggemar.

"Sunmi pernah beropini tentang sulitnya penyanyi wanita berjuang di industri musik dan sebanyak apa mereka menderita serta usaha keras yang dilakukannya, tapi saat itu kalian diam saja. Sekarang karena dia berbicara tentang BTS, kalian langsung menghujatnya dengan bilang dia tidak mengakui Wonder Girls," komentar yang lain.

"Cara kalian memperlakukan Sunmi dengan rasis, menghina pandangannya tentang industri musik dengan mengatakan bahwa dia tidak paham pertanyaan tersebut meski dia mengerti Bahasa Inggris. Kalian hanya tidak ingin mengakui bahwa BTS membuka jalan untuk kesuksesan K-Pop di dunia," pungkas lainnya.

Sebelumnya, Jihyo Twice juga mengatakan hal yang sama tentang BTS saat menghadiri KCON Los Angeles tahun lalu. Ia berterima kasih pada BTS karena memberikan mereka kesempatan untuk lebih dikenal. K.A.R.D juga pernah memuji BTS dengan alasan yang sama dan menyebut mereka sebagai motivasi untuk grup lain.

(wk/chus)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait